Polda Metro Prediksi Arus Balik Libur Panjang Terjadi Sabtu Besok

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 16:16 WIB
Hari libur nasional peringatan Maulid Nabi dan Cuti Bersama dimanfaatkan orang-orang untuk berlibur di tengah pandemi. Kemacetan terlihat di Tol JORR arah Cikampek pagi ini.
Ilustrasi kepadatan lalu lintas di Tol Cikampek. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi arus balik libur panjang terjadi mulai Sabtu (31/10) besok. Polda Metro Jaya telah menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan.

"Ya untuk arus balik kita perkirakan sudah mulai ada peningkatan hari Sabtu (31/10) dan Minggu (1/11), kita akan berjaga dan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat untuk memantau apakah sudah ada peningkatan jumlah arus yang masuk Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di GT Cikunir 2, Bekasi, Jumat (30/10/2020).

"Artinya kendaraan-kendaraan dari arah Bandung dan daerah Palimanan dari arah Jawa Tengah, jika memang sudah terjadi peningkatan kita perkirakan kurang lebih setengah jam sudah masuk wilayah Polda Metro Jaya untuk kita lakukan upaya-upaya," tambahnya.

Sambodo mengatakan pihaknya menyiapkan skenario lalu lintas, seperti contraflow dan one way. Skenario itu dilakukan secara situasional.

"Kalau bisa kita atur biasa kita lancarkan, jika tidak bisa, kurang juga, kita akan lakukan contraflow begitu masuk wilayah Polda Metro Jaya, kalau itu pun tidak bisa juga kita laksanakan sistem one way," jelasnya.

Polisi juga akan berkoordinasi dengan pengelola tol. Jika kemacetan mencapai 1 km, Sambodo menyebut bisa saja meniadakan pembayaran tol untuk mengurai kemacetan.

"Kami juga sudah menyampaikan ke pihak pengelola jalan tol untuk menambah patroli rider, jadi misalnya jika gerbang tol antreannya cukup panjang ada petugas yang berjalan dengan membawa patroli rider sehingga antrean bisa terurai, bahkan jika antreannya mencapai 1 km kita akan berkoordinasi supaya tidak ada pembayaran tol yang penting masyarakat bisa kembali ke rumahnya masing-masing dalam keadaan aman dan lancar dan tentunya sehat," ungkapnya.

Tonton video 'Mari Liburan di Tempat Terbuka untuk Hindari Kerumunan':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/mei)