Samsung Hadirkan Berbagai Program untuk Dukung Pendidikan Indonesia

Reyhan Diandri - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 15:08 WIB
Webinar Samsung
Foto: Reyhan Diandri
Jakarta -

Banyak kekhawatiran yang muncul dari guru dan orang tua mengenai penggunaan teknologi untuk proses pembelajaran daring. Salah satunya adalah penggunaan perangkat ponsel atau tablet yang bukan digunakan untuk belajar, melainkan untuk mengakses konten lain.

Head of Sales IT & Mobile B2B Samsung Electronics Indonesia, Lukman Basuki mengatakan Samsung Indonesia sangat paham dengan kekhawatiran tersebut. Oleh karena itu, pihaknya mempunyai solusi agar siswa menggunakan ponsel dengan bijak melalui layanan Samsung Knox.

"Samsung Knox dapat membantu sekolah membatasi penggunaan tablet atau smartphone hanya untuk proses pembelajaran di sekolah," ujar Lukman, dalam webinar 'Samsung Mobile Business Insight: The Next Normal Reshaping the Future Education', Rabu (14/10/2020).

Lukman menuturkan salah satu fungsi dari Samsung Knox adalah pengguna bisa melakukan whitelist atau blacklist pada aplikasi. Fitur ini dapat membatasi aplikasi-aplikasi apa saja yang boleh diinstal dalam tablet maupun device tersebut.

"Selain itu kita bisa memblok website maupun situs yang kita anggap tidak mempunyai relasi dengan proses belajar mengajar," ungkapnya.

Menurut Lukman, fungsi pada perangkat tersebut dapat dioptimalkan agar siswa menggunakan perangkat untuk kegiatan belajar mengajar saja. Sehingga tentu membuat pihak sekolah maupun orang tua tidak perlu merasa khawatir lagi.

"Selain itu, ada banyak sekali fitur-fitur yang terdapat di device Samsung. Salah satunya adalah Kids Mode yang bisa membatasi aplikasi dan konten file," ujarnya.

Lukman juga mengatakan pihaknya turut bekerja sama dengan pengembang aplikasi untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang bernama Parental Control. Melalui aplikasi ini orang tua bisa memantau dan memberikan persetujuan atas aplikasi-aplikasi apa yang bisa diinstal pada perangkat smartphone maupun tablet.

"Dalam device Samsung kita juga punya fitur Blue Light Filter, yang mana fungsinya adalah mengurangi dan meminimalisasi paparan sinar radiasi biru yang terpancar. Selain itu, ya kembali lagi peranan orang tua maupun guru sangat penting untuk dapat menjaga anak dari layar untuk rutin mengistirahatkan mata," ujarnya.

Samsung juga menyadari pentingnya pendidikan teknologi digital yang ada di Indonesia. Jauh sebelum terjadinya pandemi COVID-19, ada beberapa program yang Samsung jalankan guna mendukung dunia pendidikan Indonesia.

"Salah satunya kita mempunyai Samsung Smart Learning Class, yaitu merupakan kelas pembelajaran digital yang sudah diadakan oleh Samsung pada beberapa kota. Kita juga mempunyai Samsung Tech Institute yang sekarang sudah berubah nama menjadi Samsung Innovation Campus," ujarnya.

Lukman menjelaskan Samsung Innovation Campus memberikan kelas pembelajaran elektronika yang bertujuan memperkaya kurikulum di SMK. Dalam kampus tersebut Samsung juga telah mengintegrasikan pemrograman AI dan IoT ke dalam kurikulumnya.

"Kemudian terakhir yang kita jalankan adalah program-program bundling. Yang sudah kita jalankan adalah Samsung Indonesia Cerdas, yang mana kita berkolaborasi dengan Ikatan Guru Indonesia. Serta program 'Samsung Tetap Semangat Sekolah', yang mana Samsung mengeluarkan gadget di bawah harga Rp 1 juta yang sudah dilengkapi dengan SIM card dan Paket Data," papar dia.

Webinar SamsungWebinar Samsung Foto: Reyhan Diandri
Webinar SamsungWebinar Samsung Foto: Reyhan Diandri

Sementara itu, IM B2B SFH Program Account Manager Samsung Electronics Indonesia, Ni Putu Ayu Frida Ningsih mengatakan Samsung mempunyai program baru lainnya bernama ' Samsung Untuk Program Pendidikan (UPP)'. Program tersebut dihadirkan untuk guru dan staf melalui kerja sama dengan sekolah.

"Melalui kerja sama ini kami akan membuatkan platform khusus yang dapat diakses oleh guru maupun staf dari sekolah yang sudah bekerja sama untuk mendapatkan berbagai keuntungan seperti diskon sepanjang tahun untuk semua produk samsung, kemudian cicilan 0%, tukar tambah, gratis pengiriman untuk produk handphone, tablet, dan wearables ke seluruh Indonesia serta berbagai keuntungan lainnya," jelasnya.

Frida mengatakan Samsung juga memahami bagaimana tantangan yang dialami oleh anak-anak dan para orang tua dalam menjalani sistem pembelajaran jarak jauh. Masih banyak anak-anak yang kesulitan belajar secara online karena tidak memiliki perangkat pendukung berupa handphone tablet atau laptop serta mahalnya paket data untuk mengakses pembelajaran secara online tersebut.

"Oleh karena itu, Samsung juga bekerja sama dengan beberapa operator dan Home Credit Indonesia, untuk menyediakan kuota belajar serta cicilan untuk orang tua yang membutuhkan handphone dan pendukung anak mereka belajar dari rumah," pungkasnya.

Sebagai informasi, saat ini Samsung mempunyai beberapa program dengan promo spesial untuk membantu transformasi pendidikan Indonesia ke dunia digital. Program 'Samsung UPP' hadir sebagai platform khusus yang dapat diakses oleh guru maupun staff dari sekolah atau universitas yang sudah bekerja sama. Samsung juga mengundang sekolah atau universitas yang belum memiliki akses ke program ini untuk mendaftarkan institusi Anda. Untuk pendaftaran dapat menghubungi Samsung lebih lanjut di kontak yang tertera.

Webinar SamsungWebinar Samsung Foto: Reyhan Diandri

Bagi sekolah yang sudah bergabung akan mendapatkan berbagai keuntungan, seperti diskon sepanjang tahun untuk semua produk Samsung, program cicilan 0%, tukar tambah produk Samsung, pengiriman produk Samsung gratis ke seluruh Indonesia, serta berbagai keuntungan lainnya.

Kemudian, ada program 'Samsung Semangat Tetap Sekolah' untuk memenuhi kebutuhan siswa, melalui kerja sama dengan Telkomsel untuk memberikan Simcard gratis beserta promo kuota belajar. Terdapat kuota belajar 10 GB yang bisa didapatkan siswa hanya dengan Rp 10, dan juga tambahan kuota belajar 11 GB yang dapat diperoleh hanya dengan Rp 5.000 selama periode September hingga Desember 2020.

Terakhir, ada special offer bagi sekolah dan universitas yang ingin menggunakan tablet seri Samsung Galaxy Tab A 8 2019, Samsung Galaxy Tab A 8 2019 with s-pen, dan Samsung Galaxy Tab S6 Lite. Promo special offer ini akan memberikan harga spesial untuk produk seri tersebut dengan periode promo hingga 31 Oktober 2020. Untuk mencari tahu lebih banyak tentang promo tersebut bisa mengunjungi https://www.samsung.com/id/business/promotions/semangat-tetap-sekolah/.

(mul/ega)