12 Kamera e-TLE di Sudirman-Thamrin Rusak Imbas Demo Anarkis

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 13:38 WIB
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan tilang elektronik atau E-TLE bagi pengendara sepeda motor di Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakpus. Tilang elektronik diberlakukan pada 1 Februari 2020.
Ilustrasi kamera tilang elektronik (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Kamera electronic traffic law enforcement (e-TLE) di Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, terimbas demo omnibus law UU Cipta Kerja beberapa waktu lalu. Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat ada 12 titik kamera e-TLE yang dirusak massa.

"Iya kamera e-TLE ada 12 titik yang dirusak. Saat ini masih dalam proses perbaikan ya mungkin dalam waktu dekat ini sudah selesai," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di GT Cikunir 2, Bekasi, Jumat (30/10/2020).

Sambodo mengatakan kamera-kamera e-TLE yang rusak sudah mulai diperbaiki. Sejumlah kamera yang rusak tersebar di Jalan Sudirman-Thamrin.

"Tempatnya banyak ya. Masih sekitaran Sudirman-Thamrin, khususnya di dekat pos-pos lantas yang dibakar," ujar Sambodo.

"Ada yang memang panelnya yang rusak, ada yang disodok sehingga dia posisinya ada yang kabelnya putus dan sebagainya," tambahnya.

Sambodo menyebut beberapa pelaku perusakan kamera e-TLE sudah diamankan. Polisi juga mengecek CCTV di dekat kamera e-TLE tersebut.

"Masih dalam penyelidikan dan beberapa sudah ditangkap juga kemarin, sudah diekspos sama Krimum kan," jelas Sambodo.

Sebelumnya, demo menolak omnibus law UU Cipta Kerja di Jakarta beberapa pekan lalu berakhir ricuh. Sejumlah fasilitas umum dirusak, termasuk Halte TransJakarta dan pos polisi.

(mei/mei)