Libur Cuti Bersama, Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Jakarta Menurun

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 13:03 WIB
Libur panjang ini membuat lalu lintas di jalan protokol di ibu kota sepi. Seperti terlihat di jalan Sudirman, Jakarta.
Kondisi lalu lintas di kawasan Sudirman di masa libur panjang. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebut angka kecelakaan lalu lintas di DKI Jakarta di masa libur cuti bersama mengalami penurunan. Arus lalu lintas di Jakarta juga lancar.

"Angka kecelakaan (selama libur panjang) alhamdulillah turun," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di GT Cikunir 2, Bekasi, Jumat (30/10/2020).

Sambodo mengatakan angka kecelakaan selama libur panjang pekan ini menurun. Namun, dia masih belum menyampaikan datanya secara rinci.

"Untuk nantinya angkanya kita sampaikan karena kita masih menunggu laporan angka dari anggota di lapangan," jelas Sambodo.

"Untuk beberapa hari ini memang angka kecelakaan turun," imbuhnya.

Polisi melakukan berbagai skenario dan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas selama liburan. Untuk persiapan arus balik, Sambodo akan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat dalam pemantauan lalu lintas.

"Ya untuk arus balik kita perkirakan sudah mulai ada peningkatan hari Sabtu dan Minggu kita akan berjaga dan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat untuk memantau apakah peningkatan jumlah arus yang masuk Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama," kata Sambodo.

"Artinya kendaraan-kendaraan dari arah Bandung dan daerah Palimanan dari arah Jawa Tengah jika memang sudah terjadi peningkatan kita perkirakan setengah jam sudah masuk wilayah Polda Metro Jaya untuk kita lakukan upaya-upaya," tambahnya.

(mea/mea)