Program Pemkot Solok untuk Motivasi Pasien Corona: Sembuh, Dapat Rp 1 Juta

Jeka Kampai - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 12:11 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi pasien Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Padang -

Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan program bagi pasien yang dinyatakan positif Corona (COVID-19). Bila sembuh, pasien akan mendapat insentif sebesar Rp 1 Juta.

"Kita menyiapkan anggaran khusus untuk itu. Asalnya dari anggaran tak terduga di APBD. Jadi, setiap warga yang sembuh kita bantu satu juta rupiah. Ini program kita di Kota Solok," kata Kepala Dinas Sosial Kota Solok Zulfadli kepada detikcom, Jumat (30/10/2020).

Zulfadli menyebutkan jumlah pasien sembuh yang mendapatkan insentif Rp 1 juta terus bertambah, karena jumlah warga kasus sembuh juga bertambah. Sejauh ini, jelas Zulfadli, sudah ada 138 orang yang menerima bantuan tersebut.

"Sudah ada 138 orang. Jumlahnya akan terus bertambah, karena yang sembuh juga bertambah," sebut Zul.

Tak hanya pasien sembuh Corona, Pemkot Solok juga mengalokasikan bantuan sebesar Rp 200 ribu untuk setiap keluarga yang melakukan isolasi mandiri. Bantuan diberikan dalam bentuk kebutuhan sehari-hari.

"Untuk yang isolasi mandiri kita alokasikan 200 ribu rupiah. Bukan hanya yang keluarga yang isolasi saja, tapi juga yang punya kontak erat dengan keluarga tersebut. Bisa saja tetangganya juga dapat bantuan, sepanjang dia kita nilai juga ikut terpengaruh," katanya.

Zul mengakui, bantuan hanya diberikan untuk pasien sembuh Corona dan yang melakukan isolasi mandiri. Sedangkan untuk warga yang meninggal dunia dilaporkan ke pusat, karena dikabarkan ada alokasi bantuan Rp 15 Juta.

"Sudah ada empat orang yang meninggal, dan namanya sudah kita sampaikan ke pusat," jelas dia.

Lihat juga video 'Rapid Test Massal di Puncak, 50 Orang Reaktif':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)