Menhub Apresiasi Penerapan Protokol Kesehatan di Pelabuhan Tanjung Priok

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 11:57 WIB
Menhub Budi Karya Tinjau Protokol Kesehatan di Pelabuhan Tanjung Priok
Foto: Menhub Budi Karya Tinjau Protokol Kesehatan di Pelabuhan Tanjung Priok (ist)
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau wilayah Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dalam kesempatan tersebut usai peninjauan, dia mengapresiasi penerapan protokol kesehatan di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok.

Budi Karya berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (30/10). Dia melakukan peninjauan didampingi Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Andi Hartono, dan Direktur Kepelabuhanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Subagiyo.

Menhub Budi Karya Tinjau Protokol Kesehatan di Pelabuhan Tanjung PriokFoto: Menhub Budi Karya Tinjau Protokol Kesehatan di Pelabuhan Tanjung Priok (ist)

Budi Karya mengaku sengaja meninjau langsung untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa libur panjang. Dia juga ingin memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik untuk mencegah terjadinya peningkatan kasus COVID-19.

"Pak Presiden berpesan agar libur panjang kali ini bisa berjalan dengan baik dan lancar dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Saya sangat bahagia hari ini bahwa di tengah masyarakat libur, para petugas di pelabuhan tetap melakukan kegiatan pelayanan dengan baik. Tandanya kalian adalah putra bangsa sejati yang siap selalu melayani," ujarnya.

Dalam tinjauannya ke Kapal Kelud tujuan Batam, Menhub mengecek seluruh fasilitas dan memastikan semua telah diterapkan protokol kesehatan seperti penyemprotan disinfektan dan kebersihan kapal.

Menhub Budi Karya Tinjau Protokol Kesehatan di Pelabuhan Tanjung PriokFoto: Menhub Budi Karya Tinjau Protokol Kesehatan di Pelabuhan Tanjung Priok (ist)

Di akhir peninjauannya, Budi Karya mengapresiasi seluruh pihak yang bertugas di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok karena telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Dia menyebut, itu hanya bisa terlaksana karena adanya kerja sama yang baik oleh seluruh pihak.

"Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Kesyahbandar, Pelni, Pelindo, TNI, Polri dan seluruh pihak terkait karena tanpa kerja sama ini tidak bisa terlaksana. Saya yakin dengan ini kita menjaga liburan dengan baik tetapi jangan sampai ada yang terpapar, saya mendoakan agar kita semua sehat dan bisa melayani dengan Baik. Semoga Allah tetap memberikan kesehatan untuk kita," tutup Menhub.

Menhub Budi Karya Tinjau Protokol Kesehatan di Pelabuhan Tanjung PriokFoto: Menhub Budi Karya Tinjau Protokol Kesehatan di Pelabuhan Tanjung Priok (ist)

Pada tinjauannya, Menhub juga membagikan masker berlapis kepada para petugas dan penumpang untuk melindungi diri dari pemaparan COVID-19. Ia juga berpesan agar masyarakat rutin mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Kita membagikan masker karena salah satu simbol protokol kesehatan. Masker yang dugunakan harus masker yang berlapis supaya fungsi pertahanan dan tidak mentebarkan virus berjalan dengan baik," jelas Menhub Budi.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta mengapresiasi kunjungan Menhub Budi Karya. Dia menyebut, selama ini pihaknya dan stakeholder terkait di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok terus menjalin kerja sama yang baik untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

Menhub Budi Karya Tinjau Protokol Kesehatan di Pelabuhan Tanjung PriokMenhub Budi Karya Tinjau Protokol Kesehatan di Pelabuhan Tanjung Priok Foto: Menhub Budi Karya Tinjau Protokol Kesehatan di Pelabuhan Tanjung Priok (ist)

"Di Wilayah pelabuhan tanjung priok juga beberapa waktu yg lalu juga sudah di terapkan program #PriokBermasker oleh Polres Pelabuhan Tanjung Priok dan seluruh stakeholder yang tujuan utamanya adalah penerapan pendisiplinan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas pelaku usaha dan masyarakat yang melaksanakan kegiatan di Pelabuhan Tanjung Priok," kata AKBP Ahrie.

"Setelah terciptanya kedisiplinan di tengah masyarakat tersebut, maka secara tidak langsung akan berpengaruh dalam mempercepat pemulihan ekonomi dengan memperlancar arus barang yang akan masuk ke Indonesia," sambung Ahrie.

Sebagai Informasi total jumlah penumpang berangkat untuk Kapal Pelni dari tanggal 28 Oktober 2020 hingga hari ini pukul 09.00 WIB sebanyak 446 penumpang.

(hri/aud)