Operasi Zebra Jaya, Polres Pelabuhan Tanjung Priok Bagikan Masker

Herianto Batubara - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 13:50 WIB
Operasi Zebra Jaya Polres Pelabuhan Tanjung Priok
Foto: Operasi Zebra Jaya Polres Pelabuhan Tanjung Priok (ist)
Jakarta -

Polres Pelabuhan Tanjung Priok melaksanakan Operasi Zebra Jaya 2020. Karena situasi di tengah pandemi COVID-19, operasi ini dilaksanakan dengan simpatik.

"Operasi Zebra Jaya 2020 di saat pandemi COVID-19 ini, pola kegiatan berbeda dengan Operasi Zebra sebelumnya dimana Operasi Zebra 2020 kali ini menitikberatkan pada pola imbauan-imbauan, simpatik dan sosial kemanusiaan," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Dr Ahrie Sonta kepada wartawan, Kamis (29/10/2020).

AKBP Ahrie menjelaskan, di pelaksanaan hari keempat Operasi Zebra Jaya 2020, Polres Pelabuhan Tanjung Priok melakukan pembagian brosur atau pamflet serta pemasangan spanduk keselamatan berkendara di tempat-tempat strategis seperti di Terminal Penumpang Pelni, dan lainnya.

Operasi Zebra Jaya Polres Pelabuhan Tanjung PriokFoto: Operasi Zebra Jaya Polres Pelabuhan Tanjung Priok (ist)

Selain itu Polres Pelabuhan Tanjung Priok juga melakukan pembagian masker kepada pengguna jalan. Upaya ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Polri memutus mata rantai pandemi COVID-19.

"Polres Pelabuhan tidak melakukan tindakan penegakan hukum atau nol gakkum sebagai bentuk empati terhadap masyarakat pengguna Jalan dan ini menjadi atensi pimpinan karena situasi pandemi COVID-19," ujar AKBP Ahrie.

Operasi Zebra Jaya Polres Pelabuhan Tanjung PriokFoto: Operasi Zebra Jaya Polres Pelabuhan Tanjung Priok (ist)

AKBP Ahrie menyebut, meski tidak ada penegakan hukum dalam Operasi Zebra 2020 ini, dia berharap masyarakat punya kesadaran penuh untuk mematuhi peraturan dalam berkendara. Dia meminta masyarakat tetap tertib mematuhi rambu-rambu lalu lintas juga melengkapi surat-surat saat berkendara seperti SIM dan STNK.

Operasi Zebra Jaya Polres Pelabuhan Tanjung PriokFoto: Operasi Zebra Jaya Polres Pelabuhan Tanjung Priok (ist)

"Kami akan terus mengedepan upaya-upaya edukasi dan penerangan serta membangun kesadaran pengendara untuk tertib berlalu-lintas demi keselamatan pribadi dan orang lain. Tentunya semua kami laksanakan secara simpatik, persuasif, dan humanisme mengingat dalam kondisi pandemi COVID-19," jelas AKBP Ahrie.

Lihat juga video 'Operasi Zebra Serentak Digelar, Pemohon SIM di Kendari Meningkat':

[Gambas:Video 20detik]



(hri/aud)