Wakil Ketua MPR Apresiasi Aplikasi GOLS Buatan Milenial Gresik

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 13:59 WIB
Jazilul Fawaid
Foto: MPR
Jakarta -

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, para arek Gresik merilis platform Gresik Online Shop (GOLS). Platform tersebut mengakomodir berbagai hal, seperti jual-beli produk, akses layanan transportasi, bengkel, hingga mengurus perizinan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Peluncuran GOLS dilakukan di Gress Mall, Gresik, Jawa Timur, Rabu (28/10). Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid turut hadir dalam acara peluncuran.Jazilul mengatakan manfaat dari GOLS tidak hanya dirasakan pengguna jasa, tapi juga pedagang kaki lima dan pelaku UMKM, serta pengemudi angkutan yang tergabung dalam GOLS mendapat diskon sampai 7 persen dalam setiap transaksi.

"Hadirnya GOLS menambah predikat Gresik," ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu dalam keterangannya, Jumat (30/10/2020).

"Gresik pernah punya klub sepakbola terkenal, tercatat sebagai kota santri, industri, perikanan, pariwisata, sekarang sebagai daerah yang melek teknologi," lanjut Jazilul.

Sebagai putra daerah Gresik, Jazilul mendukung penuh adanya aplikasi GOLS. Ia menyebut aplikasi tersebut bisa disejajarkan dengan aplikasi jual-beli yang sudah mendunia.

"Pada Peringatan Sumpah Pemuda ini, kita tampilkan inovasi dan kreasi dari para pemuda," imbuhnya.

Jazilul pun mengajak kepada masyarakat Gresik dan sekitarnya untuk bergabung dan menggunakan GOLS. Menurutnya platform tersebut membuat proses penjualan dan pemasaran produk dari PKL dan pelaku UMKM semakin cepat, efektif, dan tidak mengenal buka tutup toko, karena aplikasi bisa diakses online selama 24 jam.

Jazilul mengatakan GOLS merupakan bentuk sinergi antara teknologi digital dengan sektor UMKM. Selain itu, aplikasi ini membantu para pengemudi angkutan untuk mendapatkan penumpang.

Di tengah persaingan yang ketat, lanjut Jazilul, tidak mudah membangun toko online yang kompetitif. Oleh sebab itu Jazilul mengajak pelaku industri besar, Pemerintah Kabupaten Gresik, dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberi dukungan kebijakan, pelatihan SDM, dan akses modal bagi pemuda yang berinovasi membuka toko online berbasis UMKM.

Jazilul berpesan pada pengelola GOLS agar jangkauan layanan ditingkatkan, tidak hanya seputar Gresik namun meluas hingga tingkat nasional bahkan dunia. Kreativitas dan inovasi menjadi kunci untuk mencapai target tersebut.

"Yang bisa bertahan adalah mereka yang kreatif dan inovatif," imbuhnya.

(mul/mpr)