Puluhan Rumah Terdampak Puting Beliung di Sukabumi, Atap Masjid-Sekolah Rusak

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 05:46 WIB
Rumah warga rusak akibat diterjang angin puting beliung di Sukabumi.
Rumah warga rusak akibat diterjang angin puting beliung di Sukabumi. (Foto: dok. Istimewa)
Sukabumi -

Permukiman warga di Desa Tugu Bandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi diterjang angin puting beliung hingga mengakibatkan puluhan rumah rusak. Atap masjid hingga sekolah pun ikut rusak akibat peristiwa itu.

Angin puting beliung dilaporkan terjadi pada Kamis (29/10/2020) sekitar pukul 16.30 WIB. Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Arm Suyikno mengatakan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Ia juga sudah menginstruksikan anggotanya untuk membantu warga di lokasi terdampak puting beliung.

"Peristiwa itu terjadi saat hujan deras mengguyur lokasi disertai angin puting beliung. Personel sudah berada di Kampung Cicadas, Desa Tugu Bandung, Kecamatan Kabandungan. Sejumlah bangunan mengalami kerusakan terutama pada bagian atap," kata Suyikno melalui pesan singkat kepada detikcom.

Data yang dihimpun sementara oleh personel TNI di lapangan, terdapat 2 unit rumah yang mengalami kerusakan berat, serta 30 rumah lainnya mengalami kerusakan ringan di bagian atap. Bangunan masjid hingga sekolah juga rusak akibat angin puting beliung ini.

"Selain itu 1 masjid jami rusak ringan di atap, sebuah sekolah, yakni SMPN 2 Kabandungan dan gedung DTA juga rusak di bagian atap," kata Suyikno.

Diberitakan sebelumnya, puting beliung terjang Kabupaten Sukabumi terekam kamera warga. Besarnya pusaran angin itu terlihat seperti asap dan terjadi di tengah hujan deras yang terjadi di sekitar lokasi. Video puting beliung berdurasi 20 detik itu tersebar di aplikasi perpesanan dan media sosial Facebook.

Informasi diperoleh detikcom di grup Facebook Kabandungan Info, peristiwa itu terjadi pada Kamis (29/10) sore di Desa Tugu Bandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi. Belum diketahui pasti berapa jumlah rumah yang rusak akibat kejadian tersebut.

Selain video pusaran angin, beredar juga video kerusakan genting rumah warga. Dalam video itu suara seorang pria terdengar menjelaskan lokasi kerusakan akibat angin puting beliung tersebut.

(sya/azr)