Puting Beliung Terjang Sukabumi, Sejumlah Rumah Warga Rusak

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 21:02 WIB
Puting beliung terjang Sukabumi.
Foto: Puting beliung terjang Sukabumi (Istimewa).
Sukabumi -

Puting beliung terjang Kabupaten Sukabumi terekam kamera warga. Besarnya pusaran angin itu terlihat seperti asap dan terjadi di tengah hujan deras menyebabkan sejumlah rumah warga rusak.

Informasi diperoleh detikcom di grup Facebook Kabandungan Info, peristiwa itu terjadi pada Kamis (29/10/2020) sore di Desa Tugu Bandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi. Belum diketahui pasti berapa jumlah rumah yang rusak akibat kejadian tersebut.

Selain video pusaran angin, beredar juga video kerusakan genting rumah warga. Dalam video itu suara seorang pria terdengar menjelaskan lokasi kerusakan akibat angin puting beliung tersebut.

"Ini bencana angin puting beliung di Tugu Bandung Babakan RT 3 RW 4 barusan terjadi musibah bencana rumah rusak roboh rata dengan tanah. Tiga rumah empat rumah hancur," kata pria dalam video berdurasi 51 detik yang dilihat detikcom.

Dikonfirmasi wartawan, Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Anita Larasati membenarkan kejadian puting beliung tersebut.

Menurutnya puting beliung terjadi di tiga kedusunan di wilayah Desa Tugu Bandung, Kecamatan Kabandungan. "Insiden bencana puting beliung ini, terjadi sekitar pukul 17.00 WIB," kata Anita.

Selain merusak rumah penduduk, angin puting beliung juga telah merusak bangunan lainnya. Salah satunya bangunan kandang ayam yang ada di wilayah desa tersebut.

"Kami belum mengetahui jumlah pastinya rumah penduduk yang terdampak dari bencana puting beliung ini. Namun, berdasarkan laporan dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kabandungan, puting beliung itu telah merusak rumah warga yang ada di tiga kedusunan. Salah satunya di Kampung Cicadas RT 03/04," jelas Anita.

Anita juga menjelaskan saat ini pemerintah Desa Tugu Bandung bersama petugas gabungan tengah berada di lokasi untuk membantu membersihkan material bangunan yang rusak akibat amukan puting beliung.

Sementara itu, personel TNI dari Kodim 0622 bersiaga di lokasi puting beliung di Desa Tugu Bandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi. Puting beliung yang terjadi sekitar pukul 16.30 WIB, itu dikabarkan merusak puluhan rumah warga.

Informasi yang diberikan Letkol Arm Suyikno, Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Ia sudah mengintruksikan anggotanya untuk memberikan bantuan kepada warga di lokasi kejadian.

"Peristiwa itu terjadi saat hujan deras mengguyur lokasi disertai angin puting beliung, personel sudah berada di Kampung Cicadas, Desa Tugu Bandung, Kecamatan Kabandungan. Sejumlah bangunan mengalami kerusakan terutama pada bagian atap," kata Suyikno melalui aplikasi perpesanan kepada detikcom.

Data yang dihimpun sementara oleh personel TNI di lapangan, terdapat 2 unit rumah mengalami kerusakan berat, 30 lainnya mengalami kerusakan ringan di bagian atap. "Selain itu 1 masjid jamo rusak rinhan di atap, sebuah sekolah yakni SMPN 2 Kabandungan dan gedung DTA juga rusak di bagian atap," kata Suyikno.

(sya/mso)