Pantai di Balikpapan Diduga Tercemar Cairan Berbau Solar, Ikan-ikan Kecil Mati

Suriyatman - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 19:58 WIB
Pantai di Balikpapan diduga tercemar cairan berbau solar.
Pantai di Balikpapan diduga tercemar cairan berbau solar. (Foto: Suriyatman/detikcom)
Balikpapan -

Pantai Balikpapan tercemar oleh cairan yang diduga berupa minyak. Air laut terlihat berbeda dari sekitarnya dan tampak dipenuhi cairan kuning pekat.

Kejadian ini terjadi pada Kamis (29/10/2020) sekitar pukul 11.00 Wita dan dilaporkan oleh seorang pemancing di kawasan Seaview, Welly. Kawasan pantai itu tidak jauh dari Monumen Perjuangan Rakyat Balikpapan. Ikan-ikan kecil terlihat mengambang di lokasi diduga tumpahan minyak itu.

"Tadi sekitar pukul 11.00 Wita saya liat sudah ada cairan warna agak kekuningan ke sini dari tengah," Kata Welly, saat ditemui di lokasi.

Welly mengatakan bahwa keberadaan cairan ini agak misterius karena lokasinya sangat jauh dari kilang minyak di Balikpapan. Ia mengaku mencium bau seperti solar di lokasi cairan itu ditemukan.

"Nggak tahu apa itu, cuma kalau keciuman kayak solar. Asalnya nggak tahu dari mana, yang pasti dari tengah sana," jelasnya.

Saat ditanya apa ada kapal besar yang melintas pada saat kejadian, Welly mengaku sejak pagi ia tidak melihat adanya kapal atau aktivitas disekitar pantai tersebut. Namun, menurutnya, ikan-ikan kecil di lokasi ditemukannya cairan itu banyak ditemukan telah mati.

"Nggak ada kapal sih yang lewat, tahu-tahu aja ya lumayan banyak. Ikan pada matian itu. Lumayan banyak sih yang mati itu, cuma kecil-kecil ikannya," jelas Welly.

"Namun cairan ini sudah berkurang, pagi tadi terlihat banyak, mungkin sudah terbawa air ke arah lain," imbuh Welly.

Dihubungi terpisah, Region Manager Communication Relation and CSR Pertamina Kalimantan Robert Marchelino Verieza, melalui pesan singkatnya, mengatakan tidak ada kebocoran atau ceceran dari kilang di Balikpapan. Namun demikian, ia menyebut pihaknya siap membantu jika diminta meneliti asal tumpahan tersebut.

"Jadi dapat disampaikan kalau di Pertamina nggak ada ceceran/indikasi ada minyak yang lepas ke perairan ya, namun Pertamina akan membantu apabila diminta bantuannya untuk melakukan penelitian asal minyak itu, ujarnya.

(azr/azr)