Kapal Pengangkut Minyak Kelapa Tenggelam di Selat Makassar, 6 ABK Selamat

Suriyatman - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 20:49 WIB
Ilustrasi kapal tenggelam atau kecelakaan kapal(Dok detikcom)
Foto: Ilustrasi kapal tenggelam (Dok detikcom)
Samarinda -

Kapal pengangkut minyak kelapa mengalami gangguan dan tenggelam di Selat Makassar. Enam anak buah kapal (ABK) selamat dari kejadian nahas itu.

Keenam ABK pengangkut minyak kelapa itu dievakuasi oleh kapal pengangkut batu bara MV Shagar Sakti. Enam ABK itu sempat terombang-ambing di laut.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Octavianto, mengatakan bahwa saat ini enam ABK itu telah berada di kapal MV Shagar Sakti dan akan dibawa ke Muara Berau, Kutai Kartanegara.

"Saat ini kapal dalam perjalanan menuju ke Muara Berau, nantinya para korban akan di evakuasi ke Samarinda," kata Octavianto saat dihubungi, Minggu (18/10/2020) sore.

Mengenai penyebab tenggelamnya kapal pengangkut minyak kelapa itu, Octavianto mengatakan berdasarkan informasi sementara akibat kebocoran pada lambung kapal. Kapal bertolak dari Muara Berau menuju Pelabuhan Bitung.

"Berdasarkan informasi kapal berangkat pada tanggal 16 Oktober, pukul 13.00 WITA, kapal berangkat dari Pelabuhan Teratai-Muara Berau menuju Pelabuhan Bitung-Menado, namun ditengah perjalanan mengalami cuaca buruk tinggi gelombang sekitar 3 meter disertai angin kencang," ujar Octavianto.

"Air masuk ke dalam kapal dan pompa air tidak mampu memompa air keluar kapal sehingga kapal tenggelam. ABK kemudian menyelamatkan diri ke laut," jelasnya.

Kantor SAR Balikpapan mendapatkan email pukul 12.51 WITA dari Kapten Kapal MV Shagar Sakti yang mengatakan ada 6 orang terombang-ambing di laut. SAR Balikpapan kemudian melalui email meminta Kapten MV Shagar Sakti untuk membantu evakuasi korban. Pada pukul 13.22 WITA Kapten MV Shagar Sakti menginformasikan sedang dalam proses evakuasi korban.

"Pada pukul 15.31 WITA, MV Shagar Sakti berhasil mengevakuasi korban sebanyak 6 orang dan dibawa ke arah Muara Berau untuk dilakukan evakuasi oleh Tim Rescue Unit SAR Samarinda dan Tim SAR gabungan Samarinda," ucap Octavianto.

"Estimasi MV Shagar Sakti tiba di perairan Muara Berau Samarinda pada pukul 18.30 WITA," imbuhnya.

Berikut enam ABK kapal penangkut minyak kelapa yang selamat:

1. Suradi (kapten kapal)
2. Sunur (ABK)
3. Risfandi Kasbian (ABK)
4. Kasmin A. Sarekat (ABK)
6. Darmansyah (ABK)
7. Meith Ronni Sambai (ABK)

Tonton juga 'Nelayan Lansia Terombang-ambing dalam Boks Gabus di Laut Selama 6 Hari':

[Gambas:Video 20detik]

(rfs/rfs)