Ma'ruf: Di Era Disrupsi Informasi Sikap Teladan Nabi Seakan Sulit Diterapkan

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 19:27 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Foto: Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut sikap Nabi Muhammad perlu diteladani dalam kehidupan sehari-hari terutama di era disrupsi informasi saat ini. Namun Ma'ruf mengatakan justru saat ini tidak mudah diterapkan.

"Sikap dan kepribadian sebagaimana dicontohkan oleh beliau SAW tersebut saat ini tidak mudah untuk diterapkan dan diteladani. Di era disrupsi informasi seperti saat ini seakan sulit menaruh kepercayaan kepada pihak lain, bahkan kepada pemimpinnya," ujar Ma'ruf dalam sambutannya di acara Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa yang disiarkan dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (29/10/2020).

Ma'ruf menilai di era disrupsi informasi membuat orang sulit menaruh kepercayaan. Menurutnya, banyaknya informasi yang tidak sesuai membuat masyarakat menjadi bingung dan menaruh curiga buruk.

"Pemutar balikan informasi menyebabkan banyak orang merasa bingung untuk memilah dan memilih mana informasi yang benar dan mana yang tidak benar. Sehingga akhirnya mereka menaruh curiga dan prasangka buruk atau suudzhan terhadap semua informasi yang sampai padanya. Terutama informasi terkait kebijakan pemimpin, meskipun sebenarnya informasi tersebut benar," tuturnya.

Ma'ruf mengatakan, salah satu teladan Nabi yang dapat ditiru yaitu terkait dengan membawa perubahan bagi sekitar. Ia menyebut Nabi Muhammad telah berhasil melakukan perubahan dan perbaikan, yang membawa masyarakat jahiliyah menjadi masyarakat unggul.

Selanjutnya
Halaman
1 2