Sentil GBK, Imam Besar Cerita Saat Minta Renovasi Istiqlal ke Jokowi

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 18:17 WIB
Inilah wajah teranyar Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara yang dapat menampung 200.000 jamaah usai di renovasi.
Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta -

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menceritakan proses renovasi Istiqlal yang saat ini mulai rampung. Dia menuturkan renovasi ini merupakan pertama kalinya sejak Istiqlal berdiri.

"Saya perlu jelaskan, renovasi inilah pertama dilakukan semenjak Istiqlal," kata Nasaruddin Umar dalam sambutan di acara Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa, yang disiarkan dari Masjid Istiqlal, Jakarta (29/10/2020).

Nasaruddin mengatakan dulu Istiqlal tidak memiliki ruang parkir yang luas. Seiring dengan waktu, jumlah jemaah yang menggunakan kendaraan bertambah dan meresahkan pengguna jalan.

"Kita tadinya nggak punya tempat parkir yang luas, karena waktu merancang masjid ini mungkin hanya, ya waktu itu belum banyak mobilnya. Tapi setiap Jumat, meresahkan para pengguna jalan karena banyak mobil yang terparkir di Masjid Istiqlal," tuturnya.

Dia menuturkan permintaan renovasi ini ia disampaikan langsung ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat datang ke Istiqlal. Permintaan ini lantas mendapat sambutan baik dari Jokowi.

"Maka pada waktu itu dalam kesempatan Bapak Presiden datang ke tempat ini, saya sampaikan beliau Bapak dan alhamdulillah Stadion Senayan luar biasa kinclong sekarang ini, (Jokowi menjawab) 'oh iya bagus, semua total kita perbaiki renovasi besar-besaran'," ujar Nasaruddin.

Selanjutnya
Halaman
1 2