Hindari Klaster Baru, Masyarakat Diimbau Berlibur dengan Orang Serumah

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 12:12 WIB
Front view of family with two small daughters on trip outdoors in nature, wearing face masks.
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Halfpoint
Jakarta -

Pemerintah terus mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 pada masa libur panjang 28-30 Oktober 2020. Momen libur panjang sering dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian dan berwisata.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Dirga Sakti Rambe mengimbau masyarakat menghabiskan momen liburan di rumah guna mencegah penyebaran COVID-19. Namun, jika ingin berlibur ia berpesan agar sebaiknya berlibur dengan anggota keluarga yang berada di dalam satu rumah.

"Penularan COVID-19 ini terkait dengan mobilitas. Kalau memang terpaksa untuk melakukan perjalanan ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Sebisa mungkin kita berlibur dengan orang serumah, bukan dengan keluarga jauh apalagi dengan orang asing. Serta mematuhi protokol 3M di mana pun kita berada, agar kita aman dan tidak terkena penyakit. Paling ideal memang liburan di rumah saja," papar dr. Dirga dikutip dari situs covid.go.id, Kamis (29/10/2020).

Hal tersebut disampaikan pada acara Dialog Produktif 'Libur Panjang yang Aman dan Sehat' yang diselenggarakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Rabu (28/10).

Selain itu, dr. Dirga menyampaikan saat berlibur masyarakat dapat memilih tempat rekreasi alternatif yang tidak berpotensi menciptakan kerumunan dan mengunjungi tempat wisata terbuka tentunya dengan durasi kunjungan yang tidak terlalu lama.

Ia juga berpesan selama berlibur pastikan selalu untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

"Pastikan juga agar mendapat istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan bergizi terutama memperbanyak sayur dan buah, menghentikan kebiasaan merokok, juga menjaga kesehatan mental," imbuhnya.

Mengantisipasi penyebaran COVID-19 dalam momen libur panjang memang jadi hal penting. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk berpartisipasi dalam menerapkan protokol kesehatan dengan selalu #IngatPesanIbu seperti yang dikampanyekan oleh Satgas COVID-19. Adapun kampanye tersebut mengajak masyarakat untuk menerapkan 3M dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak.

(akn/ega)