Mimbar Akbar Selesai, Massa Buruh-Mahasiswa Tinggalkan Tugu Proklamasi

AdAdhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 20:11 WIB
Mimbar Akbar Selesai, Massa Buruh-Mahasiswa Tinggalkan Tugu Proklamasi
Mimbar Akbar Selesai, Massa Buruh-Mahasiswa Tinggalkan Tugu Proklamasi (Foto: Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Acara mimbar akbar yang digelar di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, telah berakhir. Massa buruh dan mahasiswa pun mulai membubarkan diri.

detikcom memantau suasana di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (28/10/2020), pukul 20.00 WIB. Sebelum acara selesai, perwakilan massa sempat membaca puisi. Setelah itu, massa bersama-sama membacakan sumpah rakyat.

Mimbar Akbar Selesai, Massa Buruh-Mahasiswa Tinggalkan Tugu ProklamasiMimbar Akbar Selesai, Massa Buruh-Mahasiswa Tinggalkan Tugu Proklamasi (Adhyasta/detikcom)

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto kemudian meminta massa membubarkan diri. Heru juga mengapresiasi acara mimbar rakyat ini berjalan kondusif.

"Kita sudah berikan kesempatan kepada adik-adik untuk melakukan aksi dengan damai dengan tertib. Semoga adek-adek selamat di perjalanan, teman-teman buruh dari Gebrak, semoga sampai ke rumah. Kami mengapresiasi bahwa kegiatan ini berjalan damai dan lancar. Kembali dengan selamat karena waktu sudah malam," kata Heru melalui pengeras suara.

Massa buruh dan mahasiswa kemudian meninggalkan lokasi. Mereka pergi ke sejumlah titik.

Saat ini masih ada sejumlah orang di depan Tugu Proklamasi yang membereskan alat-alat musik. Polisi juga masih berjaga-jaga di sekitar lokasi.

Jalan Tugu Proklamasi saat ini sudah dibuka kembali. Lalu lintas dari arah Bundaran HI ke Tugu Proklamasi sempat tersendat imbas bubarnya massa buruh dan mahasiswa ini.

(knv/dhn)