Mimbar Akbar Buruh di Tugu Proklamasi Lanjut, Polisi Minta Bubar Pukul 19.00

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 18:29 WIB
Mimbar Akbar Buruh di Tugu Proklamasi Lanjut, Polisi Minta Bubar Pukul 19.00
Buruh Negosiasi dengan Polisi (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Mimbar akbar yang digelar Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) masih berlangsung. Polisi meminta massa segera membubarkan diri.

Pantauan detikcom, Rabu (28/10/2020), pukul 18.05 WIB, grup band Efek Rumah Kaca ikut memeriahkan mimbar akbar buruh tersebut. Setelah itu, rencananya acara dilanjutkan dengan aksi teatrikal.

Perwakilan massa sempat bernegosiasi dengan Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto dan Kapolsek Menteng AKBP Guntur Muhammad Thariq. Massa buruh meminta kelonggaran agar acara bisa dilanjutkan sampai malam, namun polisi meminta massa membubarkan diri karena acara hanya bisa digelar sampai pukul 18.00 WIB.

Mimbar Akbar Buruh di Tugu Proklamasi Lanjut, Polisi Minta Bubar Pukul 19.00Mimbar Akbar di Tugu Proklamasi (Adhyasta/detikcom)

Ketua Umum KASBI, Nining Elitos, mengklaim sudah menghubungi Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana terkait acara mimbar akbar ini. Nining mengklaim acara bisa digelar hingga pukul 19.00 WIB.

"Nah kita, tadi dikomunikasikan dengan pak Kapolda, saya langsung telepon, Pak Kapolda telepon saya agar sampai jam 7, saya bilang, Pak, kalaupun lewat 10 sampai 20 menit ataupun paling telat 30 menit, agar kawan-kawan tidak ada pemukulan atau apapun. Kita menjaga keamanan sama-sama," ujar Nining.

Heru kemudian merespons pernyataan Nining tersebut. Dia memperbolehkan acara digelar sampai pukul 19.00 WIB.

"Kalau memang tetep jam 7, oke, saya bilang ke anak-anak saya untuk dijaga, Mbak sampe jam 7 tapi tolong kalau magrib nggak bunyi lagi ni Mbak," ujar Heru.

Namun Nining tetap meminta waktu lebih karena acara terpotong oleh salat Magrib. Heru tidak mengizinkan acara itu lewat dari waktu yang sudah ditentukan.

"Jadi gini mbak, kalau keramaian ini kan ada surat ijin, keramaian, kalau aksi kan jam 18. Mbak sudah komunikasi dengan Pak Kapolda sampai pukul 7, oke kita fasilitasi pukul 7, jangan nambah lagi," ujar Heru.

Nining berkukuh bahwa Kapolda Metro menoleransi kegiatan tersebut selesai lebih dari pukul 19.00 WIB. Namun Heru menegaskan arahan Kapolda Metro kepadanya agar acara tersebut maksimal berakhir pukul 19.00 WIB.

Mimbar akbar buruh ini dimulai pada pukul 15.30 WIB sore tadi. Acara diisi oleh pembacaan puisi hingga musik.

Massa tampak duduk menghadap ke arah panggung utama. Sebagian di antara mereka terlihat memakai caping. Massa mahasiswa juga ikut bergabung.

(knv/dhn)