Secara Virtual, Megawati Resmikan 13 Kantor PDIP dan 1 Patung Soekarno

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 15:53 WIB
Peresmian Patung Soekarno
Peresmian Patung Sukarno di Yogyakarta (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri meresmikan 13 kantor, 1 patung Sukarno, dan 1 sekolah partai. Peresmian dilakukan secara virtual.

Peresmian ditandatangani langsung oleh Megawati di Hari Sumpah Pemuda 2020. Dalam sambutannya, Mega mengatakan pentingnya kantor PDIP di setiap daerah. Menurutnya, pembangunan partai bukan hanya secara fisik atau orang-orangnya.

"Sejak kongres IV, saya sudah memutuskan bahwa kita sudah saatnya membangun PDIP dengan segala daya, kerja, susah payah, duka dan suka. Maka mulai harus dibuat sebuah keputusan untuk membangun partai ini juga secara fisik bukan hanya orang-orangnya saja," kata Megawati.

"Tetapi yang namanya adalah kantor partai, di mana kantor partai ini merupakan bukan hanya untuk kegiatan partai tapi juga menjadi menjadi bagian DPRD ruh," lanjutnya.

Megawati mengatakan kepemilikan aset partai bagian penting yang harus diperhatikan. Megawati kemudian contoh ketika ayahnya, Sukarno, saat membangun Partai Nasional Indonesia (PNI) yang tidak jelas aset partainya.

"Contoh ketika ayah saya Bung Karno membuat partai PNI ketika saya mencoba untuk mengikuti akhirnya saya melihat kalau tidak diatur, maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Menurunya, PNI sangat dicintai oleh masyarakat. Tapi dia merasa prihatin karena aset partai tak dicatat dengan jelas.

"Yang nama aset partai PNI itu saya merasa sangat prihatin karena kalau menurut saya PNI pada waktu itu adalah sebuah partai yang karena dicintai rakyat maka juga termasuk partai yang besar. Tetapi setelah itu ketika saya banyak menanyakan kepada senior dsb aset partai itu tidak jelas," tandas dia.

Adapun 13 kantor PDIP yang diresmikan Megawati, yakni kantor PDI Perjuangan DPD Yogyakarta, kantor DPD Sulawesi Tenggara, kantor DPC Kabupaten Ogan Ilir, kantor DPC Kabupaten Blitar, kantor DPC Kabupaten Belitung, dan kantor DPC Kabupaten Bangka.

Kemudian, kantor DPC Kabupaten Bangka Tengah, kantor DPC Kabupaten Belitung Timur, kantor DPC Kota Kediri, kantor DPC Kabupaten Gowa, kantor DPC Kabupaten Jeneponto, kantor DPC Kabupaten Toraja Utara, dan kantor DPC Kabupaten Luwu Utara.

Kemudian, satu patung Sukarno di Yogyakarta dan satu Wisma Sekolah Partai di Batu, Jawa Timur.

(eva/imk)