Rest Area KM 50 Tol Cikampek Ditutup, KM 57 Situasional

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 15:35 WIB
Rest Area KM 429 Semarang
Ilustrasi rest area (Foto: Aji Kusuma/detikcom)
Jakarta -

PT Jasa Marga memberlakukan penutupan rest area di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek. Sementara itu, rest area di KM 57 diberlakukan buka-tutup secara situasional.

"Untuk informasinya saat ini rest area KM 50 yang masih ditutup sementara, sedangkan untuk rest area KM 57 diberlakukan buka tutup secara situasional. Kedua rest area tersebut mengarah ke Cikampek," kata petugas call center PT Jasa Marga, Rico, saat dihubungi, Rabu (28/10/2020) pukul 15.08 WIB.

Penutupan rest area dilakukan untuk mengurai kepadatan di sekitar lokasi. Rest area ditutup untuk menghindari penumpukan kendaraan yang akan keluar-masuk tempat istirahat tersebut.

"Kebijakan langsung dari pihak kepolisian, ditakutkan ada penumpukan di dalam rest area sehingga menimbulkan antrean untuk masuk ke dalam rest area," ujarnya.

Sementara itu, kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek masih terpantau di sejumlah titik. Kemacetan terjadi di pertemuan jalur atas-bawah Tol Jakarta-Cikampek serta titik diberlakukan contra flow.

"Ada kepadatan di jalur pertemuan tol layang Cikampek dan jalur bawah di KM 48-50, kondisinya padat, selepasnya ramai lancar. Tersendat kembali menjelang rest area KM 57, hanya menjelang lokasinya saja, selepasnya ramai lancar," jelas Rico.

"Tersendat kembali di KM 60-61, dampak kepadatan volume arus lalu lintas jalur pertemuan masuk dari contra flow. Jadi diberlakukan contra flow dari KM 47-61," sambungnya.

Kondisi berbeda terpantau di lajur tol yang mengarah ke Jakarta. Lalu lintas yang mengarah ke Jakarta terpantau lancar.

"Kondisi untuk saat ini yang ke arah Jakarta terpantau ramai lancar, tidak ada kepadatan," ujarnya.

(azr/imk)