Libur Cuti Bersama, Satgas Ingatkan Warga Liburan Bertanggung Jawab

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 15:14 WIB
Wisata air di Klaten terapkan protokol kesehatan
Ilustrasi protokol kesehatan saat liburan (Achmad Syauqi/detikTravel)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 terus mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan selama masa libur cuti bersama. Satgas mengingatkan agar masyarakat liburan dengan bertanggung jawab.

"Kami senantiasa terus mengingatkan masyarakat bahwa liburan panjang saat ini masih dalam situasi pandemi. Liburan di rumah adalah pilihan terbaik. Namun, jika harus bepergian, kami di Satgas telah menyampaikan pentingnya kepatuhan total terhadap protokol kesehatan 3M untuk menekan risiko penularan serendah mungkin," kata Kabid Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19 dr Sonny Harmadi kepada wartawan, Rabu (28/10/2020).

Sonny mengimbau masyarakat agar terus mematuhi 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak selama masa liburan cuti bersama. Ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak berkunjung ke zona merah Corona.

"Bagi setiap orang yang akan berlibur, pastikan bahwa kondisi fisik sedang fit dan tidak memiliki penyakit penyerta, sebaiknya tidak membawa balita dan lansia, perhatikan keamanan kendaraan yang digunakan, pastikan terus mematuhi 3M tanpa terkecuali," ujar Sonny.

"Bawa masker dan sabun atau hand sanitizer yang cukup, hindari berkunjung ke zona merah, pastikan tempat transit dan tujuan mematuhi protokol kesehatan dengan ketat," lanjut dia.

Sonny menyebut ketidakpatuhan terhadap protokol kesehatan adalah penyebab penularan Corona. Kepatuhan masyarakat, kata Sonny, menjadi kunci keberhasilan pengendalian pandemi Corona.

"Yang salah bukan liburan panjangnya, tetapi ketidakpatuhan terhadap protokol kesehatan menjadi penyebab penularan. Tanpa liburan panjang pun, jika tidak patuh memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, serta rajin mencuci tangan pakai sabun, risiko penularan akan tinggi. Di sini, kepatuhan masyarakat menjadi kunci keberhasilan kita mengendalikan dan menghentikan pandemi ini," tutur Sonny.

Terkait libur cuti bersama kali ini, Sonny mengatakan pihaknya bekerja sama dengan pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hingga TNI-Polri untuk memastikan liburan aman dan tidak menimbulkan kerumunan. Sonny pun sekali lagi mengingatkan pentingnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan liburan yang bertanggung jawab.

"Kami di Satgas juga sudah melakukan berbagai langkah antisipatif dengan berkoordinasi bersama Pemda, Kemenhub, TNI, Polri, Kemendagri, untuk memastikan terciptanya liburan aman, nyaman, tanpa kerumunan. Sekecil apapun jumlah yang tidak patuh, mereka berpotensi menularkan virus pada mereka yang patuh," ujar Sonny.

"Jadi, saya tekankan kembali, kesadaran masyarakat untuk patuh terhadap 3M mutlak dibutuhkan, sebagai wujud tanggung jawab sosial kita bersama," tandasnya.

(azr/imk)