Massa Buruh-Mahasiswa Membaur Demo di Patung Kuda Tolak Omnibus Law

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 14:49 WIB
Massa buruh dan mahasiswa berbaur demo tolak Omnibus Law di Patung Kuda
Massa buruh dan mahasiswa berbaur demo tolak omnibus law di Patung Kuda. (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah massa buruh dan mahasiswa membaur di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Mereka datang dalam dua kelompok untuk berunjuk rasa menolak omnibus law UU Cipta Kerja.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (28/10/2020), pukul 13.40 WIB, massa buruh dari Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM SPSI) yang sempat beristirahat kembali ke kawasan Patung Kuda. Mereka kemudian membaur dengan mahasiswa yang juga sedang berunjuk rasa.

Terlihat, sebagian massa mahasiswa berada di depan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Namun, ada juga elemen mahasiswa yang membaur bersama buruh yang berada di seberang kantor Kemenpar.

Terlihat, massa buruh menahan diri dan mendengarkan orasi yang dilakukan mahasiswa. Terhitung, lebih dari lima orator mahasiswa menyampaikan aspirasinya.

Setelah itu, massa buruh bergantian menyampaikan orasinya. Para orator, baik dari mahasiswa maupun buruh, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) mencabut omnibus law UU Cipta Kerja.

(man/elz)