Libur Cuti Bersama, Kendaraan Masuk Bali Mulai Meningkat

Angga Riza - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 14:35 WIB
Kepadataan kendaraan yang hendak masuk ke Bali (Angga Riza-detikcom).
Kepadataan kendaraan yang hendak masuk ke Bali. (Angga Riza/detikcom)
Denpasar -

Kendaraan yang masuk ke wilayah Bali mulai meningkat pada hari pertama libur cuti bersama. Namun kepadatan kendaraan yang masuk ke Bali kali ini tidak seramai libur panjang sebelum pandemi COVID-19.

"Kalau peningkatannya tidak banyak sih, paling sekitar 2 persen kalau dibandingkan hari biasa, karena kan musim pandemi," ujar Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Provinsi Bali Nyoman Sunarya saat dihubungi detikcom, Rabu (28/10/2020).

Selain itu, menurut Sunarya, hingga kini Pemprov Bali memberlakukan protokol kesehatan yang ketat untuk pendatang atau wisatawan yang datang ke Bali, di antaranya menunjukkan surat nonreaktif COVID-19.

"Itu mungkin itu menjadi bahan pertimbangan (calon wisatawan ke Bali) jadi peningkatannya tidak terlalu banyak," katanya.

Dishub Bali memprediksi puncak peningkatan kendaraan masuk ke Bali akan terjadi pada malam ini.

"Dari hari kemarin tanggal 27 malam sampai hari ini puncaknya, setelah itu landai lagi, perkiraan kami gitu. Kenaikan itu kami perkirakan hanya berkisaran di angka 2 persen karena pertimbangan pandemi ini gitu jadi belum sepenuhnya juga. Orang juga pada malas keluar gitu," ujar Sunarya.

Sementara itu, data dari Dinas Perhubungan Provinsi Bali terhitung pada Selasa (28/10), kendaraan keluar Bali melalui pelabuhan Gilimanuk sebanyak 4.979. Sedangkan kendaraan masuk Bali melalui Pelabuhan Ketapang sebanyak 3.868.

Data kendaraan masuk Bali masih terus bertambah hingga saat ini. Diperkirakan peningkatan kendaraan masuk ke Bali akan terus bertambah hingga akhir libur panjang.

(nvl/nvl)