Polisi Kembali Berlakukan One Way di Puncak Bogor Pukul 12.30 WIB

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 12:29 WIB
Situasi arus lalu lintas di dua ruas jalan Bogor-Puncak
Jalur Puncak Bogor (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Bogor -

Polisi akan kembali memberlakukan sistem satu arah atau one way di Jalur Puncak, Bogor, siang ini. One way akan diberlakukan untuk jalur yang mengarah ke Jakarta.

"Makanya kita akan berlakukan one way ke arah Jakarta. Perkiraan kita dimulai jam 12.30 WIB, rencananya (one way)," ujar KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut, di TMC Simpang Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, Rabu (28/10/2020).

Ketut menjelaskan one way dari atas ke bawah dilakukan karena volume kendaraan dari Puncak Pass lebih padat ketimbang yang dari arah Jakarta. One way ini, kata dia, juga diberlakukan untuk mengurai potensi kepadatan imbas wisatawan yang check-out dari hotel.

"Karena kan kalau siang hari yang check out dari vila, hotel, jam 13.00 WIB, untuk mengantisipasi tersebut (dilakukan one way). Kemudian kita melihat juga arus yang dari Jakarta, saat ini sudah mulai berkurang nih, dan kita lihat yang di atas lebih padat dari yang di Jakarta," terangnya.

Soal sampai kapan one way ini diberlakukan, Ketut mengatakan situasional. Pemberlakuan one way diterapkan dengan melihat volume kendaraan terlebih dahulu.

Namun, Ketut mengungkapkan, kondisi arus lalu lintas di kawasan Puncak pada awal libur panjang ini tak jauh berbeda dengan saat weekend.

"Kalau saat ini kalau dibandingkan Sabtu-Minggu, belum ada peningkatan (volume kendaraan). Samalah kurang-lebih," tandas Ketut.

(mae/mae)