Sumpah Pemuda 2020, Nadiem Dorong Generasi Muda Terus Berinovasi

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 10:43 WIB
Menteri Pendidikan Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengajak seluruh pemuda dan pemudi untuk kembali menyalakan semangat selayaknya saat Kongres 1928. Nadiem mengatakan masa sulit akibat pandemi ini harus dijadikan pembelajaran untuk penguatan mental dan karakter.

"Sudah lebih dari 7 bulan Indonesia dan dunia berjibaku melawan pandemi COVID-19. Seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali mengalami masa yang sulit. Namun tidak ada artinya keresahan apabila kita tidak dapat menemukan solusi untuk bangkit bersama. Mari nyalakan lagi semangat dari Kongres Pemuda 1928," kata Nadiem melalui video yang dibagikan di akun Instagram-nya, Rabu (28/10/2020).

"Kita jawab keresahan dengan solusi, masa sulit ini harus menjadi pembelajaran, penguatan mental dan karakter, serta ruang kreativitas bagi kita semua. Sudah waktunya kita pemuda Indonesia untuk bersatu dan bangkit menciptakan terobosan dan inovasi yang akan membantu bangsa ini melompat melampaui keterbatasan," lanjut Nadiem.

Nadiem membagikan tips untuk para pemuda-pemudi membantu Indonesia dalam menghadapi masa sulit ini. Dia meminta para pemuda mengetahui sasaran target dan tujuan dan siap untuk gagal.

"Pertama kita punya sasaran yang jelas dan terukur, kalau tidak bisa diukur, dari mana kita tahu ada kemajuan? Kedua, mental juara yang siap gagal. Kalau kita tidak mampu menyikapi kegagalan sebagai pembelajaran yang berharga, tantangan baru akan selalu terlihat sebagai risiko, bukan peluang," ujarnya.

Dia mengajak generasi muda selalu memiliki keyakinan akan semua masalah. Nadiem menaruh harapan kepada generasi muda untuk membawa kehidupan yang lebih maju.

"Ketiga, keyakinan yang tak terbendung, keyakinan bahwa semua masalah, sebesar atau serumit apapun, pasti ada solusinya. Besar harapan saya generasi muda akan banyak berinovasi, agar kita dapat mengantarkan Indonesia ke tempat yang lebih maju dan sejahtera," jelasnya.

Berikut ini pesan lengkap Nadiem di momen hari Sumpah Pemuda 2020.

Selanjutnya
Halaman
1 2