Libur Cuti Bersama, Medan dan Sekitarnya Diprediksi Hujan Siang hingga Malam

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 10:32 WIB
Pedestrian di kawasan Sudirman selau dipadati para pejalan kaki meski giguyur hujan. Begini penampakannya.
Ilustrasi hujan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Medan -

BMKG memprediksi Kota Medan bakal diguyur hujan mulai siang hingga malam hari. Selain Medan, wilayah di sekitar Medan juga diprediksi hujan pada hari pertama libur cuti bersama Oktober 2020 ini.

Dilihat dari situs BMKG, Rabu (28/10/2020), Medan diprediksi diguyur hujan dengan intensitas ringan pada siang hari. Sementara pada malam harinya, Medan diprediksi diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Hujan diprediksi berlanjut hingga dini hari. Suhu di Medan diprediksi berada di angka 23-32 derajat Celsius hari ini.

Selain itu, wilayah sekitar Medan diprediksi diguyur hujan mulai siang nanti. Wilayah itu antara lain Lubuk Pakam, Binjai, hingga Kabanjahe.

Sebagai informasi, setidaknya terdapat lima hari libur berturut-turut yang dimulai hari ini. Long weekend ini disebabkan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad pada Rabu dan Jumat, 28 dan 30 Oktober.

Maulid Nabi sendiri jatuh pada Kamis (30/10). Libur tiga hari itu bakal dilanjutkan dengan libur akhir pekan Sabtu dan Minggu, 31 Oktober dan 1 November 2020.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi telah mengingatkan warga Sumut untuk tidak bepergian ke luar rumah jika bukan karena urusan penting. Dia mengingatkan cuti bersama kali ini masih dalam situasi pandemi Corona.

"Jangan banyak-banyak keluar kalau itu tidak penting. Mari sama-sama kita jaga sehingga tidak terpapar COVID-19," ujar Edy, Jumat (23/10).

Edy juga mengingatkan warga agar tidak melanggar protokol kesehatan demi mencegah penyebaran COVID-19. Dia khawatir penularan COVID-19 meningkat jika warga tidak disiplin.

"Saudara-saudaraku, rakyat Sumut, lima hari kita libur weekend kita, tapi tetap sedapat mungkin tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang melanggar protokol kesehatan," kata Edy.

(haf/haf)