Sumpah Pemuda

Leimena, Tokoh Sumpah Pemuda yang Selalu Jadi Menteri Era Sukarno

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 08:35 WIB
Gedung Sumpah pemuda yang menjadi tempat para pemuda menyatakan sumpah pemuda (Dok. Kemendikbud)
Foto: Sumpah Pemuda 28 Oktober 1948 (Dok. Kemendikbud)
Jakarta -

Sumpah pemuda yang digelar pada 28 Oktober 1928 tak bisa dilepaskan sosok Johannes Leimena. Leimena merupakan salah satu tokoh pemuda yang kariernya tetap moncer usai kemerdekaan. Leimena adalah orang yang sangat dipercaya oleh Sukarno.

Sebagaimana dikutip dari buku 'Dr. Johannes Leimena, negarawan sejati & politisi berhati nurani' Leimena dilahirkan pada 6 Maret 1905 di Ambon. Dia menjalani pendidikan dasarnya di Christelijke Europeesch Lagere School.

Selanjutnya, Leimena bersekolah di MULO Jakarta dan lulus pada 1922. Saat di MULO itulah Leimena aktif dalam organisasi kepemudaan. Dia aktif dalam Pergerakan Pemuda Kristen Indonesia dan menjadi ketuanya.

Minat Leimena dalam pemikiran kepemudaan itu terus berlanjut hingga ketika di berkuliah di STOVIA. Kali ini, Leimena menjadi Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Kristen. Selain itu, Leimena juga aktif dalam organisasi Jong Ambon yang nantinya menjadi salah satu peserta Kongres Pemuda Indonesia pada 28 Oktober 1928.

Leimena termasuk inisiator dan perumus sumpah pemuda. Leimena merumuskan ini bersama kawannya, Mohamad Yamin.

Setelah menyelesaikan pendidikan kedokterannya di STOVIA, Om Jo--sapaan akrab Leimena--terus melanjutkan pendidikannya di de Geneeskunde.

Sesudah kemerdekaan, dia juga mendirikan Partai Kristen Indonesia (Parkindo) dan menjadi ketum dari tahun 1950 hingga 1959. Karier Om Jo tetap moncer usai Indonesia mendeka pada 17 Agustus 1945.

Buku kumpulan tulisan tentang Leimena (dok. Istimewa)Buku kumpulan tulisan tentang Leimena (dok. Istimewa) Foto: Buku kumpulan tulisan tentang Leimena (dok. Istimewa)

Berkat kompetensinya sebagai dokter, Leimena lantas diangkat menjadi Menteri Kesehatan pada 12 Maret 1946. Namun, jauh sebelum dia diangkat menjadi menkes, Leimena sudah dikenal karena 'Salep Leimena'. Produk salep ini merupakan hasil racikan Leimena yang sangat populer di masanya. Salep Leimena dikenal sangat mujarab untuk mengobati penyakit kulit ringan. Salep ini sekaligus menjadi bukti bahwa Leiman adalah dokter yang inovatif.