Round-Up

Ragam Reaksi 'Sambut' Rencana Habib Rizieq Pulang ke RI

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 05:47 WIB
Rizieq Shihab, leader of the Indonesian hardline Muslim group FPI (Front Pembela Islam or Islamic Defender Front), arrives at the police headquarters in Jakarta on January 23, 2017. - Shihab was summoned as a witness by police over allegations he insulted rupiah bank notes by saying they contained communist symbols. (Photo by ADEK BERRY / AFP)
Foto: AFP/ADEK BERRY
Jakarta -

Habib Rizieq Shihab mengumumkan segera pulang ke Indonesia. Kabar kepulangan Habib Rizieq yang keenam kalinya ini menuai reaksi beragam sejumlah pihak.

Awalnya kabar kepulangan Habib Rizieq beredar dalam video viral di Twitter. Terlihat dalam video berdurasi 1 menit 30 detik itu, Habib Rizieq mengumumkan sendiri rencana kepulangannya ke Tanah Air.

Atas kabar itu, Ketua DPP FPI Slamet Maarif tidak menyebut pasti kapan Habib Rizieq kembali ke Indonesia.

"Doakan insyaallah secepatnya," kata Slamet saat dihubungi, Senin (26/10).

Slamet Maarif juga tidak menjelaskan secara detail terkait rencana kepulangan tersebut. Namun dia menyebut tanggal kepulangan akan disampaikan sendiri oleh Habib Rizieq.

Menanggapi rencana kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia, sejumlah pihak angkat suara. Mereka tidak mempermasalahkan Habib Rizieq pulang ke Tanah Air karena merupakan haknya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).


Momen Habib Rizieq Umumkan Segera Pulang

Kabar kepulangan Habib Rizieq beredar dalam video viral di Twitter. Terlihat dalam video berdurasi 1 menit 30 detik itu, Habib Rizieq yang berpakaian serba putih, berbicara terkait kepulangannya ke Tanah Air.

Habib Rizieq memastikan dirinya dan keluarga akan pulang dalam waktu dekat.

"InsyaAllah kalau tidak ada halangan dalam waktu dekat saya sekeluarga akan kembali ke tanah air. InsyaAllah dalam waktu dekat ini, tidak lama lagi, saya sekeluarga akan kembali ke Indonesia, akan pulang ke Tanah Air, dan akan kembali berjuang bersama umat Islam di kita punya negeri tercinta," kata Habib Rizieq seperti dalam video yang dilihat detikcom, Senin (26/10/2020).

"Amin ya Rabbal Alamin, karena bagaimanapun juga Indonesia adalah negeri kita semua, Indonesia adalah tanah air kita, dan kita semua sangat mencintai kita punya negeri. Nah melihat kondisi kita punya negeri saat ini dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Artinya kondisi yang sangat memprihatinkan tentu membutuhkan kepedulian yaitu dari setiap rakyatnya, dari setiap bangsanya, termasuk kepedulian perhatian dari para habaib, ulama, tokoh, aktivis, bagaimana supaya kita bisa bergandeng tangan, bahu-membahu menyelamatkan kita punya negeri dari keterpurukan, karena saat ini kita punya negeri....," papar dia.

Habib Rizieq setidaknya sudah enam kali dikabarkan akan pulang ke Indonesia sejak ke Saudi pada April 2017 lalu. Namun kabar tersebut belum terealisasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2