Polri Persilakan Habib Rizieq Jika Ingin Pulang, Tegaskan Tak Beri Pengamanan

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 19:01 WIB
Indonesian Muslim Cleric Habib Rizieq (C) head of hardline Muslim Group Front Pembela Islam (FPI) gestures next to Cleric Abu Bakar Bashir (R) during a press conference in Jakarta on May 6, 2008. Radical Indonesian cleric Abu Bakar Bashir called for the ban of an
Habib Rizieq (AFP Photo)
Jakarta -

Beredar sebuah rekaman video di media sosial pernyataan Habib Rizieq Syihab yang akan segera pulang ke Indonesia. Menanggapi hal tersebut, Polri mengatakan tidak ada pengamanan khusus dan mempersilakan Habib Rizieq apabila ingin kembali ke Tanah Air.

"Ya kalau mau pulang, silakan saja pulang," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Selasa, (27/10/2020).

Saat ditanya apakah Polri akan memberi pengamanan kepada Habib Rizieq apabila pulang dari Arab Saudi, Awi menegaskan Polri tidak akan memberikan keistimewaan itu.

"Tidak ada," tegas Awi.

Mengenai apakah Habib Rizieq akan langsung ditangkap saat tiba di Indonesia, Mabes Polri menyerahkannya ke Polda Metro Jaya. Untuk diketahui, ada sejumlah kasus hukum yang menyeret Habib Rizieq.

"Ya nanti kita lihat dari Polda kan kasus di Polda toh," tuturnya.

Polisi sebelumnya menyebut tidak semua kasus Habib Rizieq di-SP3 atau dihentikan. Masih ada kasus Habib Rizieq yang diproses penyidik.

Seperti diketahui, kabar kepulangan Habib Rizieq beredar dalam video viral di Twitter. Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik tersebut, Habib Rizieq, yang berpakaian serba putih, bicara terkait kepulangannya ke Tanah Air. Habib Rizieq menyebut dia beserta keluarga akan pulang dalam waktu dekat.

Dimintai konfirmasi terpisah, Ketua DPP FPI Slamet Maarif Dia tidak menyebut pasti kapan Habib Rizieq kembali ke Indonesia.

"Doakan insyaallah secepatnya," kata Slamet saat dihubungi, Senin (26/10).

(elz/ear)