Polda Metro Jaya Prediksi Puncak Lalin Libur Panjang Terjadi Malam Ini

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 18:47 WIB
Polda Metro Jaya memprediksi puncak lalin libur panjang terjadi malam ini.
Polda Metro Jaya apel gelar pasukan pengamanan libur panjang. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus lalu lintas libur panjang dan cuti bersama terjadi malam ini. Personel kepolisian saat ini telah disebar ke titik-titik pospam untuk pengamanan.

"Prediksi puncak kepadatan itu kemungkinan hari ini mulai nanti sore sampai nanti malam dan bisa saja sampai Rabu (28/10) pagi besok," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Lapangan Promoter Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Sambodo mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Jasa Marga. Jalur-jalur menuju luar kota seperti arah Tol Cikampek, arah Jagorawi hingga arah Tol Merak diprediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan.

Sambodo juga memerinci terkait titik kemacetan yang perlu diwaspadai masyarakat. Di antaranya dari Simpang Cikunir hingga Km 33 Cikarang Barat.

"Beberapa titik kemacetan yang perlu diwaspadai adalah Simpang Cikunir, Simpang Cawang, Km 10 pintu masuk elevated kemudian di Km 28 menjelang gerbang Tol Cikarang Barat, lalu Km 29 di Tol Cikarang Utama, Km 33 Cikarang Barat, hingga perbatasan wilayah hukum Polda Metro Jaya Km 42," terang Sambodo.

Selain itu, Sambodo mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa rest area terkait aturan maksimal 50 persen kapasitas di tiap rest area. Dia menambahkan, jika terjadi kepadatan, polisi akan menerapkan rekayasa buka-tutup di rest area.

"Maka jika terjadi kepadatan juga bisa saja rest area di wilayah Polda Metro Jaya, yaitu di rest area Km 19, Km 39, dan Km 33 kita laksanakan buka-tutup," ujar Sambodo.

Polda Metro Jaya sendiri telah menyiapkan 2.999 personel mengamankan libur panjang kali ini. Sebanyak 749 di antaranya berasal dari polisi lalu lintas.

Ada 16 pos pengamanan yang nantinya didirikan. 16 pos tersebut tersebar mulai dari 10 pos pengamanan di jalur tol, 3 pos pengamanan di jalur arteri, hingga 3 pos pengamanan di tempat wisata.

(mei/mei)