Saat Libur Panjang, 2.000 Alat Tes COVID Disiapkan di Puncak Bogor

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 14:45 WIB
ilustrasi rapid test, ilustrasi virus corona, ilustrasi tes corona, tes masif di Pasar Cileungsi, pedagang pasar cileungsi
Foto ilustrasi rapid test. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menyiapkan 2.000 alat tes virus Corona (COVID-19) bagi wisatawan yang berkunjung ke Puncak. Jika dinyatakan reaktif, mereka akan diminta kembali pulang.

"Kita ada 1.000 (alat) rapid, 1.000 PCR (swab test)," ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bogor Dedi Syarif, saat dihubungi, Selasa (27/10/2020).

Dia mengatakan tes masif ini akan dilakukan di Simpang Gadog, Taman Wisata Matahari, dan Gunung Mas pada Kamis (29/10). Untuk tes pada Minggu (1/11) masih belum pasti.

"Terus pas tanggal pulang juga tanggal terakhir liburan diperiksa juga (tes masif), inginnya gitu. Iya tapi yang dijadwalkan (tes masif) baru tanggal 29, gitu (untuk tes masif pada Minggu) tanggal 1 (November)-nya belum. Hasil rapat hari ini diputuskan, gitu."

Bagi wisatawan yang reaktif dari hasil rapid test akan langsung di-swab test. Kemudian, mereka diminta pulang dan menjalani isolasi.

"Kalau teknisnya mau dibahas sekarang nih. Kalau keinginan divisi pengamanan, pokoknya yang mau masuk (Puncak) di-rapid dulu. Kalau reaktif disuruh putar balik. Karena ketika reaktif, dia menunggu hasil swab itu dia harus isolasi. Harus isolasi berarti harus pulang," tandas dia.

Sebelumnya, ada libur panjang pada akhir Oktober 2020. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor pun akan melakukan langkah-langkah untuk mengurangi jumlah wisatawan yang datang ke kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

"Terkait masalah kesiapan long weekend, kita sudah rapat hari ini dan menyepakati, yang pertama kita dari pihak kepolisian akan mengadakan apel kesiapan pada hari Rabu dan bagaimana mengurangi kedatangan kunjungan wisata dengan melakukan, pertama, akan dilakukan rapid test di 3 lokasi," ujar Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan di Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (26/10).

(aik/aik)