Satgas COVID: Jumlah Daerah Zona Merah Corona Turun Jadi 20, Zona Hijau 19

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 17:14 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Juru Bicara (Jubir) Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito (Foto: Satgas Penanganan COVID-19)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 memaparkan perubahan zonasi penyebaran virus Corona di Indonesia. Satgas mengatakan perubahan signifikan terjadi di wilayah zona merah dan zona hijau.

Juru Bicara (Jubir) Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan untuk zona merah pada pekan ini mengalami penurunan. Ia menyebut pada pekan ini kabupaten/kota yang menjadi zona merah turun menjadi 20 dari sebelumnya 32 daerah.

"Di pekan ini terjadi perubahan zonasi yang cukup signifikan pada zona merah atau dengan resiko tinggi. Jumlahnya terus menurun dari pekan sebelumnya berjumlah 32 kabupaten/kota pada pekan jadi 20 kabupaten/kota," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube BNPB, Selasa (27/10/2020).

Ia kemudian mengatakan untuk zona oranye atau risiko sedang masih sama yakni 360 kabupaten/kota. Meski demikian, ia meminta kabupaten/kota yang masuk zona oranye tetap waspada agar tidak terjadi penularan yang lebih masif sehingga tidak menjadi zona merah.

"Berada di zona oranye atau zona resiko sedang ini adalah bukti bahwa banyak sekali daerah yang terlena dengan kondisi daerahnya yang tidak masuk ke zona merah. Ingat zona oranye juga berbahaya dan berisiko terjadi peningkatan penularan jika tidak waspada dan terus lengah, kabupaten/kota di zona ini dapat berpindah jadi zona merah," ujarnya.

Satgas COVID: Daerah Zona Merah Corona Berkurang Jadi 20, Zona Hijau 19Satgas COVID: Jumlah Daerah Zona Merah Corona Turun Jadi 20, Zona Hijau 19 Foto: screenshot video Youtube BNPB

Selain itu, Wiku mengatakan perubahan juga terjadi di daerah yang masuk kategori zona hijau. Ia mengatakan pada pekan ini ada 4 kabupaten/kota yang sebelumnya tidak ada kasus berpindah menjadi zona oranye dan 2 kabupaten/kota menjadi zona kuning.

"Dari 12 kabupaten/kota jadi 7 kabupaten/kota. Terdapat 4 kabupaten/kota yang sebelumnya tidak ada kasus baru namun di pekan ini berpindah jadi zona oranye yakni Bengkulu Selatan, Tojo Una-una di Sulteng, Pulau Taliabu di Malut dan Mamberano Tengah di Papua," sebutnya.


"2 kabupaten/kota yang sebelumnya tidak ada kasus baru, pekan ini berubah jadi zona kuning yaitu Lembong dan Lingga di Kepulauan Riau," lanjutnya.

Tak hanya itu, Wiku mengatakan daerah yang tak terdampak virus corona turun dari 13 kabupaten/kota jadi 12 kabupaten/kota. Daerah yang sebelumnya tak ada kasus kini jadi zona kuning ialah Natuna.

"Pekan ini ada 1 kabupaten/kota yang sebelumnya tidak pernah ada kasus dan ada jadi zona kuning yakni Natuna," tuturnya.

Video '3.520 Kasus Baru Covid-19 RI Terkonfirmasi Per 27 Oktober':

[Gambas:Video 20detik]



(ibh/imk)