Jelang Libur Panjang, Bus-Truk ke Sumatera via Pelabuhan Merak Meningkat

M Iqbal - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 16:52 WIB
Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat), Budi Setiyadi (M Iqbal/detikcom)
Foto: Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat), Budi Setiyadi (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat), Budi Setiyadi mengatakan ada kenaikan jumlah bus dan truk yang menyeberang ke Sumatera via Pelabuhan Merak. Kenaikan itu tercatat bus 40 persen dan truk 60 persen pada 25-26 Oktober.

Peningkatan kendaraan dinilai terjadi cukup signifikan sebelum libur panjang. Namun, jelang masuk libur panjang, pihaknya belum melihat kenaikan yang signifikan untuk penumpang di Pelabuhan Merak.

"Hasil pengamatan kita dua hari ini. Hari ini saya belum lihat hasil yang signifikan ya. Tapi dua hari ini potensi kenaikan justru ada di kendaraan bus, artinya di dalam bus itu banyak penumpang kan, busnya kenaikannya cukup banyak juga nih sampai dengan 40 persen. Selain bus ada truk juga kenaikannya sampai 60 persen kenaikannya antara tanggal 25-26," kata Budi saat kunjungan kerja di Pelabuhan Merak, Selasa (27/10/2020).

Kenaikan itu, menurutnya menandakan ekonomi Indonesia mulai pulih lantaran kenaikan truk logostik yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera.

"Kalau saya perhatikan ini penggunaan logistik sekarang sudah cukup bagus distribusinya, berarti artinya ekonomi sudah kembali tumbuh lagi karena meningkat dari tanggal 25-26 meningkat cukup tajam sekali," ujarnya.

Meski terjadi kenaikan pada dua jenis kendaraan itu, Kemenhub belum melihat adanya peningkatan kendaraan pribadi. Dia memprediksi kenaikan kendaraan pribadi tak akan terlalu tinggi.

"Kalau perjalanan dengan menggunakan kendaraan kecil hari ini belum kelihatan, hari ini pun belum kelihatan, ada tapi nggak begitu tinggi," kata dia.

(jbr/jbr)