Polda Metro Turunkan 2.999 Personel Amankan Libur Panjang

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 15:32 WIB
Gedung Promoter Polda Metro Jaya yang pembangunannya menghabiskan dana sebesar Rp 498 miliar telah diresmikan, Jumat (19/1/2017). Peresmian dilakukan oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.
Gedung Promoter Polda Metro Jaya (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menurunkan ribuan personel untuk mengamankan libur panjang. Personel dikerahkan di pusat belanja, tempat wisata hingga titik-titik keramaian lainnya.

"Antisipasi libur panjang ada 2.999 personel Polda Metro Jaya yang diturunkan untuk melakukan pengamanan, baik itu berangkat dan nanti pulang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Dari 2.999 personel tersebut, 769 orang berasal dari polisi lalu lintas. Selain itu, Yusri mengatakan pihaknya akan mendirikan 16 pos pengamanan selama libur panjang berlangsung.

"Ada 16 pos pengamanan tersebar 10 pos di jalan tol, 3 di jalan arteri, dan 3 lagi di tempat wisata seperti Ancol, Ragunan, TMII," terang Yusri.

"Termasuk pos arus balik kita fokus tol mana yang mengarah ke Jawa Barat, di Cikampek, lalu yang arah Banten, hingga arah Bogor itu yang kita fokuskan untuk pengamanan anggota di lapangan," sambung Yusri.

Menurut Yusri, puncak arus liburan akan terjadi pada Rabu (28/10) sore. Pihaknya pun mengaku telah siap mengantisipasi lonjakan arus kendaraan yang berpergian memanfaatkan momen liburan tersebut.

Lebih lanjut, Yusri mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan selama liburan. Polisi juga mengimbau warga supaya tidak bepergian ke luar kota untuk mencegah penularan virus Corona.

"Kita imbau situasi COVID-19 ini kita harapkan masyarakat sebaiknya di rumah saja jaga kesehatan. Jangan membawa penyakit ke kampung halaman pada keluarganya atau kembali lagi membawa penyakit," pungkas Yusri.

(mei/mei)