Klaim Tak Ada Lagi Zona Merah, Pemkot Banjarmasin Kaji Buka Pariwisata

M Risanta - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 15:15 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasih menyebut tidak ada lagi kelurahan dengan status zona merah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Mereka mulai mengkaji untuk membuka tempat pariwisata di kota tersebut.

"Alhamdulillah Banjarmasin sudah tidak ada lagi zona merah. Hasil evaluasi kita ternyata Kelurahan Sungai Miai sekarang sudah menjadi zona hijau," Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Dr Machli Riyadi kepada detikcom, Selasa (27/28/2020).

Menurut Machli, tidak ada lagi penambahan kasus COVID di Kelurahan Sungai Miai selama 14 hari sehingga dinyatakan sebagai zona hijau. Selain ini, Kota Banjarmasin menyisakan 12 kelurahan berstatus zona kuning.

"Alhamdulillah dari 52 kelurahan di Kota Banjarmasin tidak ada lagi zona merah. Kami infokan saat ini ada 12 kelurahan zona kuning dan 40 kelurahan zona hijau," ujarnya.

Jika tidak ada perubahan status zonasi di wilayah Banjarmasin, pariwisata di Banjarmasin akan kembali dibuka.

"Karena tidak ada lagi zona merah maka langkah berikutnya adalah kita akan mengevaluasi keadaan seperti ini empat belas hari ke depan. Kalau tidak ada penambahan kasus, maka kita rekomendasikan kepada Dinas Pariwisata untuk membuka wisata di Kota Banjarmasin," sambung Machli.

(aik/aik)