Komisi IV Minta Pemerintah Dengarkan Aspirasi Masyarakat Sekitar TN Komodo

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 14:23 WIB
Wasekjen PKB sekaligus wakil ketua Komisi IV DPR
Foto: Daniel Johan (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Pembangunan penunjang pariwisata di Pulau Rinca, kawasan Taman Nasional (TN) Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), menuai polemik. Komisi IV DPR RI meminta pemerintah menyerap masukan dari masyarakat sekitar TN Komodo.

"Komisi IV meminta pemerintah agar dalam membangun suatu proyek harus mendengarkan aspirasi masyarakat sekitar, memastikan aspek lingkungan, aspek sosial, aspek psikologi masyarakat, dan aspek ekonomi masyarakat sekitar bisa berjalan secara komprehensif, tidak hanya dari satu sisi saja," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan kepada wartawan, Selasa (27/10/2020).

Ketua DPP PKB ini juga mendorong agar aspek ekologis dari pembangunan di sekitar Taman Nasional Komodo harus mematuhi aturan. Ia tidak menginginkan pembangunan hanya melihat dari sisi ekonomi.

"Aspek ekologis dari pembangunan proyek strategis nasional tersebut sudah sesuai aturan apa belum, jangan sampai pembangunan hanya melihat dari sisi ekonomi sekadar mendatangkan wisatawan," ujarnya.

Menurut Daniel, hal penting dari pembangunan di wilayah konservasi ini adalah dukungan masyarakat dan verifikasi pemerintah setempat. Selain itu, jika ternyata pembangunan terbukti berdampak buruk, menurut Daniel, maka pembangunan perlu dihentikan.

"Dukungan terpenting dari masyarakat sana dan hasil verifikasi pemerintah bahwa pembangunan tidak merusak, bila ternyata berdampak buruk bagi konservasi ya harus dihentikan," katanya.

Simak video 'Jurassic Park Vs Komodo':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2