Sidang Vanessa Angel Lanjut Hari Ini, Jaksa Akan Tanggapi Pleidoi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 11:44 WIB
Vanessa Angel dan Bibi saat ditemui di PN Jakarta Selatan.
Vanessa Angel (Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Vanessa Angel hari ini akan mendengarkan tanggapan jaksa penuntut umum atas pleidoi atau nota pembelaannya terkait kasus kepemilikan 20 butir pil Xanax. Jaksa akan menjawab seluruh keberatan dan pembelaan Vanessa.

Sidang akan digelar di Pengadilan Negeri Jakbar, Jalan Letjend S Parman, Jakbar, Selasa (27/10/2020). Vanessa juga langsung menghadiri sidang tersebut.

Vanessa angel sebelumnya menyampaikan nota pembelaan. Vanessa dalam pleidoinya juga mengakui telah menyalahi prosedur ketika membeli pil Xanax di salah satu apotek di Surabaya, Jawa Timur.

Oleh karena itu, Vanessa sangat menyesali tindakannya. Menurut Vanessa, tindakannya itu telah melukai hati keluarganya.

Vanessa juga meminta keringanan hukum atas tuntutan 6 bulan penjara dalam nota pembelaannya atau pleidoi di kasus kepemilikan dan penggunaan pil Xanax. Dalam kesempatan yang sama, Vanessa berharap bisa terjun kembali ke dunia hiburan dan membantu perekonomian keluarganya yang tengah terpuruk.

"Semoga pada akhirnya, saya bisa kembali bekerja di dunia entertainment dan saya bisa membantu perekonomian keluarga saya yang sedang bangkrut," ujar Vanessa ketika membacakan pleidoi di PN Jakarta Barat, Jalan Letjen S Parman, Jakarta Barat, Senin (26/10).

Ia sangat menyesal karena telah menyalahi prosedur saat membeli pil Xanax. Vanessa Angel berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.

Dalam kasus ini, Vanessa Angel dituntut jaksa penuntut umum dengan hukuman 6 bulan penjara atas kasus kepemilikan 20 butir pil Xanax. Vanessa juga dihukum membayar denda sebesar Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Vanessa Angel disebut jaksa bersalah melanggar Pasal 62 UU RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika juncto Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 49 Tahun 2018 tentang Perubahan Penggolongan Psikotropika dalam Lampiran UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika.

(zap/dhn)