Sidang Replik Kasus Xanax Vanessa Angel Digelar di PN Jakbar Besok

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 18:07 WIB
Sidang pleidoi kasus pil Xanax Vanessa Angel
Foto: Sidang pleidoi kasus pil Xanax Vanessa Angel (Isal Mawardi/detikcom).
Jakarta -

Sidang Vanessa Angel terkait kasus kepemilikan 20 butir pil Xanax akan kembali digelar besok (27/10). Agendanya pembacaan replik dari penuntut umum.

"Sidang ditunda hari Selasa tanggal 27 Oktober 2020 jam 13.00 WIB dengan acara replik dari penuntut umum," ujar hakim di PN Jakbar, Jalan Letjen S Parman, Jakarta, Senin (27/10/2020).

Pada hari ini, Vanessa Angel membacakan nota pembelaan atau pleidoi. Vanessa mengungkap dirinya merasa sedih atas proses hukum yang dihadapinya. Ia menyebut dirinya tidak ada niat jahat maupun menyalagunakan pil Xanax.

"Saya menggunakan obat tersebut berdasarkan resep dokter dan selalu konsultasi ke dokter, saya memiliki gangguan kecemasan yang saya alami, membuat saya tidak bisa tidur, asam lambung, rambut rontok, dan emosi yang berubah-ubah," kata Vanessa.

Ia memohon keringanan hukuman kepada majelis hakim. Vanessa menyebut ia adalah seorang ibu yang masih merawat bayinya.

"Saya memohon keringan atas tuntutan 6 bulan penjara yang mulia, saya adalah seorang ibu, anak saya baru (berusia) kurang lebih 2 bulan, yang masih membutuhkan kasih sayang dan air susu ibu," imbuh Vanessa.

Saat membacakan pleidoi, Vanessa menangis. Beberapa kali Vanessa terlihat mengusap air matanya. Selain itu, suami Vanessa, Bibi Ardiansyah juga menangis.

Seperti diketahui, Vanessa Angel dituntut jaksa penuntut umum dengan hukuman 6 bulan penjara atas kasus kepemilikan 20 butir pil Xanax. Vanessa juga dihukum membayar denda sebesar Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Polisi menyita 20 butir pil Xanax di kediaman Vanessa. Sebanyak 15 butir ditemukan di kamar Vanessa, sedangkan 5 butir ditemukan di dalam tas yang berada di mobil.

Vanessa Angel didakwa melanggar Pasal 62 UU RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika juncto Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 49 Tahun 2018 tentang Perubahan Penggolongan Psikotropika dalam Lampiran UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika.

Simak video 'Isak Tangis Vanessa Angel Curhat di Depan Majelis Hakim':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/aik)