NasDem soal Habib Rizieq Umumkan Pulang: Kalau Penuhi Syarat, Tak Masalah

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 15:28 WIB
Willy Aditya
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Habib Rizieq Syihab kembali dikabarkan segera pulang ke Indonesia usai video pernyataannya beredar di media sosial (medsos). Anggota Komisi I DPR RI F-NasDem Willy Aditya tak mempermasalahkan kepulangan Habib Rizieq.

"Terus masalahnya apa? Kalau yang bersangkutan sudah memenuhi syarat untuk pulang, tidak ada masalah yang menghalanginya lagi, kemudian pihak yang berwenang sudah memberikan izinnya, ya sudah. Tidak ada masalah saya kira," kata Willy kepada wartawan, Senin (26/10/2020).

Termasuk video terbaru ini, Habib Rizieq sudah enam kali dikabarkan pulang, namun urung terlaksana. Soal kepulangan imam besar Front Pembela Islam (FPI) ini, Willy menilai aparat berwenang punya ketentuan orang yang dapat kembali ke Indonesia.

"Pihak berwenang kan pasti yang paling tahu soal ini. Mereka yang berwenang untuk menentukan seseorang bisa masuk ke Tanah Air atau tidak," ujar Willy.

Ketua DPP Partai NasDem ini menilai kepulangan Habib Rizieq justru baik. Jika selama ini dianggap banyak tuduhan, Habib Rizieq bisa mengklarifikasi hingga akhirnya ada kejelasan.

"Dan kalau sudah pulang kan malah bagus jadinya. Seingat saya, ada kasus yang masih menyangkut diri Habib Rizieq. Dengan kepulangannya, pihak berwenang jadi bisa melanjutkan kasus yang dituduhkan, saya kira," ucap Willy.

"Itu kalau memang ada kasus. Kalau tidak ada ya malah lebih clear jadinya. Dengan begitu jadi jelas semuanya, tidak jadi spekulasi yang macam-macam," imbuhnya.

Sebelumnya, kabar kepulangan Habib Rizieq beredar dalam video viral di Twitter. Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik tersebut, Habib Rizieq, yang berpakaian serba putih, bicara terkait kepulangannya ke Tanah Air. Habib Rizieq menyebut dirinya beserta keluarga akan pulang dalam waktu dekat.

Ketua DPP FPI Slamet Maarif Dia tidak menyebut pasti kapan Habib Rizieq kembali ke Indonesia.

"Doakan insyaallah secepatnya," kata Slamet saat dihubungi, Senin (26/10).

Beredar Video Habib Rizieq Umumkan Akan Pulang ke Indonesia:

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/jbr)