Banjir di Teluk Pucung-Villa Jatirasa Bekasi Surut, Petugas Bersihkan Lumpur

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 11:48 WIB
Banjir Bekasi Surut, Warga Bersihkan Lumpur di Teluk Pucung-Villa Jatirasa
Banjir Bekasi Sudah Surut (Foto: Dok BPBD Bekasi)
Bekasi -

Banjir di Kota Bekasi, Jawa Barat, sudah surut. Warga dan petugas BPBD serta Damkar Kota Bekasi bahu-membahu membersihkan lumpur yang mengendap.

"Ini sudah surut semua sekarang pascapemulihan, pembersihan lumpur sama sampah. Sekarang lumpur sedang dibersihkan (BPBD) sama Damkar," ujar Kasi Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Kota Bekasi Suhendra ketika dikonfirmasi, Senin (26/10/2020).

Suhendra mengatakan lumpur masih menumpuk di Teluk Pucung dan Villa Jatirasa. Kedua lokasi itu terendam lumpur paling parah.

"Di Teluk Pucung, di Villa Jatirasa, terus di PML tapi PML sudah dibersihkan, terus di PGP cuma PGP udah bersih sih," kata Suhendra.

"(Ketebalan lumpur) 5-10 cm," sambung Suhendra.

Selain itu, lumpur sempat mengendap di Pondok Mitra Lestari dan Pondok Gede Permai. Kini lumpur sudah dibersihkan dan jalanan dapat dilalui kendaraan.

"Selain pembersihan kita koordinasi dengan OPD-OPD untuk pembersihan itu PLH untuk sampah pascabanjir;" imbuh Suhendra.

Suhendra mengatakan warga sudah tidak ada lagi yang mengungsi. Hari ini warga sudah kembali ke rumah masing-masing. Suhendra memastikan tidak ada korban jiwa ataupun korban luka dari musibah ini.

Diketahui, hujan deras yang berada di hulu (Cilengsi dan Cikeas) mengakibatkan Kali Bekasi tidak dapat menampung debit air. Akibatnya, banjir sempat merendam Kota Bekasi, kemarin (25/10). Wilayah yang terendam di antaranya Villa Jatirasa, Pondok Gede Permai, Pondok Mitra Lestari, Teluk Pucung, Kemamg IFI, Kompleks AL, Gang Mawar IV, serta Perumahan Jaka Kencana.

(isa/knv)