Mayat Diduga Bakar Diri Ditemukan di Pinggir Kali Ciliwung Jakpus

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 10:29 WIB
Ilustrasi Bunuh Diri
Foto ilustrasi bunuh diri. (Thinkstock)
Jakarta -

Warga pinggir Kali Ciliwung di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat (Jakpus), digegerkan oleh penemuan jenazah. Saat ditemukan, jenazah tersebut sudah dalam kondisi terbakar.

"Posisi mayat diketemukan badan tengkurap dengan kondisi sudah terbakar," kata Kanit Reskrim Polsek Sawah Besar Iptu Wildan dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (26/10/2020).

Penemuan mayat tersebut terjadi pada Minggu (25/10) sekitar pukul 21.05 WIB. Polisi yang melakukan pengecekan di lokasi mengatakan jenazah tersebut merupakan pria berinisial IB (49).

Wildan mengatakan mayat ditemukan oleh tiga saksi yang tengah berkumpul di sekitar lokasi melihat nyala api di pinggir Kali Ciliwung. Saat diperiksa, para saksi mengaku tidak melihat adanya orang selain korban di TKP.

Polisi pun memeriksa keluarga korban. Dari keterangan sepupu korban, diketahui korban pernah mencoba melakukan upaya bunuh diri pada 3 tahun lalu akibat terimpit masalah ekonomi.

"Sepupu dari korban menerangkan korban pernah mengalami stres masalah ekonomi dan korban pernah melakukan percobaan bunuh diri sekitar 3 tahun yang lalu," jelas Wildan.

Dari keterangan sepupu korban, polisi mengambil kesimpulan sementara korban bunuh diri dengan cara membakar dirinya sendiri akibat tekanan kondisi ekonomi. "Kesimpulan awal sementara bahwa korban meninggal dunia diduga karena membakar diri," sambungnya.

Lebih lanjut, Wildan mengatakan beberapa alat bukti yang ditemukan di lokasi juga mengarah pada kesimpulan korban bunuh diri dengan membakar diri.

"Barang bukti yang ditemukan korek api gas. Sisa kebakaran botol air mineral yang diduga digunakan untuk membawa bahan bakar bensin," pungkas Wildan.

Informasi dalam artikel ini tidak ditujukan untuk menginspirasi kepada siapapun untuk melakukan tindakan serupa. Bagi Anda pembaca yang merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental.

(aud/aud)