Lestarikan Budaya Dayak, Polda Kalteng Renovasi Rumah Adat

Audrey Santoso - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 21:54 WIB
Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo meresmikan renovasi Rumah Betang di lokasinl wisata budaya Suku Dayak
Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo meresmikan renovasi Rumah Betang di lokasi wisata budaya Suku Dayak (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) merenovasi Rumah Betang. Rumah tersebut merupakan tempat karamat yang dibangun oleh nenek moyang masyarakat Dayak Kalteng beberapa abad lampau.

"Serta sebagai tempat spritual untuk bersyukur kepada leluhur dan menyelaraskan hubungan manusia dengan alam," kata Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Hendra Rochmawan dalam keterangan tertulis, Minggu (25/10/2020).

Hendra menuturkan peresmian proyek renovasi Rumah Betang dipimpin Kapolda Kalteng, Irjen Dedi Prasetyo. Hendra menyampaikan Polda Kalteng dan jajaran terpanggil untuk turut ikut berperan dalam menjaga kelestarian budaya serta kearifan lokal.

"Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo, meresmikan renovasi Rumah Betang di lokasi wisata budaya adat Suku Dayak, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat pukul 10.00 WIB," ucap Hendra.

Para pejabat utama Polda Kalteng, Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Devy Firmansyah ikut mendampingi Dedi.

"Kapolda berharap dengan telah direnovasinya bangunan ini, nantinya dapat dijadikan sebagai wahana untuk melestarikan adat istiadat dan budaya, serta sebagai perekat kerukunan hidup antarumat beragama di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Provinsi Kalteng," terang Hendra.

(aud/fjp)