Ini Titik-titik di Kota Bekasi yang Masih Terendam Banjir

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 09:44 WIB
Banjir di Villa Jatirasa Bekasi, Minggu (25/10/2020) pukul 09.00 (Arun/detikcom)
Banjir di Villa Jatirasa Bekasi (Arun/detikcom)
Bekasi -

Sejumlah wilayah di Kota Bekasi, Jawa Barat, terendam banjir sejak semalam. Di beberapa titik, ada yang masih tergenang, dan beberapa lainnya sudah surut.

Berdasarkan data BPBD Kota Bekasi, wilayah yang masih terdampak adalah Pondok Gede Permai. Ketinggian air mencapai 1 meter.

Puluhan warga mengungsi. "Ada 80 orang (mengungsi)," ujar Kasi Rekontruksi dan Rehabilitasi BPBD Kota Bekasi Suhendra ketika dikonfirmasi, Minggu (25/10/2020).

Mereka mengungsi ke kantor BPBD Pondok Permai. Selain itu, wilayah gang Mawar IV RT 08 RW 03 Bekasi Timur terendam air. Ketinggian air mencapai 1 meter.

"Air sudah memasuki permukiman warga, dan warga sudah mulai mengungsikan diri," kata Suhendra.

Beberapa warga mengungsikan diri ke rumah tetangga yang memiliki lantai 2. Gang Kalimaya Patal, Bekasi, dan Kampung Lebak, Teluk Pucung, juga terendam air.

Suhendra menyampaikan beberapa titik yang mulanya banjir kini air sudah surut. Di antaranya Perum Pondok Mitra Lestari, Perumahan Kemang IFI, Kompleks AL, dan Perumahan Jaka Kencana.

Suhendra mengatakan hujan deras yang berada di hulu mengakibatkan Kali Bekasi tidak dapat menampung debit air. Menurutnya, hulu Kali Bekasi berada di Cileungsi dan Cikeas.

"(Banjir akibat luapan) Kali Bekasi ini ada dua hulu, hulunya itu Cileungsi dan Cikeas. kita ini pertemuan hulu Cileungsi dan Cikeas. Ini hujan di hulu jam 16.00 WIB sudah mulai naik tinggi muka air," katanya.

Menurutnya, air mulai masuk ke permukiman warga pada pukul 23.30 WIB. Air masuk dari rembesan tanggul.

Tonton juga 'Banjir di Pondok Gede Permai Bekasi Belum Surut Hingga Pagi Hari':

[Gambas:Video 20detik]

(isa/imk)