Rombongan Pesepeda Ibu-ibu Hendak Dijambret di Jakpus, Polisi Turun Tangan

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 13:21 WIB
Ilustrasi Sepeda
Ilustrasi bersepeda. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Upaya penjambretan kembali terjadi terhadap pesepeda di kawasan Jakarta. Kali ini rombongan pesepeda ibu-ibu di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat (Jakpus), yang hampir menjadi korban.

Upaya penjambretan tersebut dilakukan pada Jumat (23/10) sekitar pukul 22.00 WIB saat seorang ibu-ibu yang tengah bersepeda mengaku hendak dijambret tasnya. Terkait kejadian itu, polisi pun telah membentuk tim khusus.

"Untuk yang namanya penjambretan itu kan sudah kita tempatkan anggota kita. Kalau tadi konteks kejadiannya di Merdeka Barat, itu kan jalur protokol. Kita nanti tempatkan pemantauan dan pos untuk tim tindak di sana buat mereka intensif berjaga," kata Kapolsek Gambir AKBP Kadek Budiyarta saat dihubungi wartawan, Sabtu (24/10/2020).

"Kami dari kepolisian sudah melaksanakan patroli. Kalau itu terjadi di Jalan Merdeka Barat, itu sudah ada anggota kita yang jaga. Laporan yang tengah viral itu nanti kita cek dulu sama anggota di sana," sambungnya.

Selain itu, Kadek juga mengimbau warga memilih jam berolahraga yang tidak mengundang terjadinya kriminalitas. Menurut dia, pilihan berolahraga, dalam hal ini bersepeda, saat malam hari rawan mengundang terjadinya tindak kriminalitas.

"Kalau saya sekadar saran, mengimbau masyarakat kalau kita berolahraga sesuai dengan aturan, contoh lari pagi dan sore hari. Kalau sudah malam, saran saya ya jangan berolahraga di malam hari. Karena kan semua ini karena ada kesempatan, ada niat, sehingga tindak pidana itu terjadi," jelasnya.

Dalam video yang viral tersebut, terlihat rombongan pesepeda yang mayoritas merupakan ibu-ibu tengah berhenti di pinggir jalan. Salah satu rombongan tersebut mengaku hampir dijambret tasnya saat tengah bersepeda.

"Dia langsung narik tas saya. Nggak kena karena dia sempat kepukul sama saya," kata ibu yang hampir menjadi korban penjambretan tersebut.

Kasus penjambretan terhadap pesepeda kini menjadi fenomena kriminalitas yang tengah terjadi di Jakarta. Kasus tersebut mulai menimpa banyak orang, termasuk salah satunya artis Anjasmara.

(dkp/dkp)