Libur Cuti Bersama, Polda Metro Siapkan 15 Pos Pengamanan

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 09:50 WIB
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Sachril Agustin/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menyiapkan 15 pos pengamanan saat libur cuti bersama. Titik-titik pos tersebar di ruas jalan tol hingga jalan arteri.

"Pertama yang di jalur tol itu ada 10 (pos pengamanan). Mulai dari Cikunir Km 9, rest area Cikarang Utama, rest area Km 33, rest area Km 39. Pokoknya semua rest area kita jaga," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi wartawan, Sabtu (24/10/2020).

Dari 15 pos pengamanan yang disiapkan, 10 di antaranya berlokasi di ruas jalan tol. Selain 10 titik pos pengamanan di jalur tol, tiga pos pengamanan akan didirikan di jalan-jalan arteri. Tiga pos pengamanan tersebut akan berdiri di daerah Pangkalan Jati, daerah Bekasi Cyber Park, hingga Jalan Gandasuka.

"Terus yang dua lagi itu tetap Pos Semanggi dan Pos Cawang tetap kita isi (personel). Kalau nanti ada contra flow, ada one way, kan pusatnya di situ," ujar Sambodo.

Untuk diketahui, pekan depan masyarakat akan menikmati libur panjang, yang dimulai sejak Rabu (28/10). Aparat keamanan pun telah bersiap mengamankan arus lalu lintas untuk mengantisipasi masyarakat yang bepergian pada libur tersebut.

Ditlantas Polda Metro Jaya telah memetakan beberapa titik yang rawan terjadinya kemacetan.

"Titik kemacetan, tentunya selain di ruas Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Merak juga di Tol Jagorawi arah Bogor, itu kita antisipasi," kata Sambodo saat dihubungi detikcom, Kamis (22/10).

"Ruas jalan arteri di pusat perbelanjaan dan tempat wisata juga sudah kita petakan dan tempatkan personel untuk pengaturan lalu lintas," sambungnya.

(dkp/dkp)