Pasien Corona Sembuh Meningkat, Pemkot Jambi Izinkan Bar-Kolam Renang Buka

Ferdi Almunanda - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 19:53 WIB
Wakil Wali Kota Jambi, Maulana (dok. Istimewa)
Foto: Wakil Wali Kota Jambi, Maulana (dok. Istimewa)
Jambi -

Pemkot Jambi mengizinkan sejumlah tempat usaha dibuka saat pandemi Corona. Hal ini dilakukan setelah jumlah pasien yang sembuh diklaim meningkat.

"Pasien sembuh sudah semakin banyak dari data pasien yang dirawat di RS Abdul Manap juga sudah tinggal 20 pasien. Maka dari itu dengan melihat peningkatan angka kasus lalu jumlah angka kesembuhan dan tingkat angka kepatuhan, dengan ini kami membuat kesepakatan untuk memutuskan membuka kembali tempat-tempat usaha dan membuat kebijakan kembali terkait resepsi pernikahan yang sebelumnya dilakukan di gedung mulai dua minggu ke depan sudah diperbolehkan resepsi di rumah dengan protokol kesehatan," kata Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, dalam video yang diunggah Pemko Jambi, Jumat (23/10/2020).

Maulana meminta tempat usaha tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. Dia mengatakan tempat usaha yang diizinkan untuk buka antara lain, kafe, bar, karaoke, spa hingga kolam renang dan warnet.

"Tempat-tempat usaha yang dibuka kembali ini seperti kafe, bar, karaoke keluarga, spa, tempat fitnes dan senam, lalu tempat bermain anak, kolam renang dan Warnet. Namun, untuk warnet ini diperbolehkan hanya untuk mereka belajar online bukan untuk bermain game. Lalu membuka kembali tempat pertemuan, meeting, di gedung-gedung dengan kapasitas 50 orang yang sebelumnya tidak diperbolehkan," ujar Maulana.

Dia mengatakan resepsi pernikahan juga bisa digelar di rumah. Namun, pemilik acara tidak diizinkan untuk membuat makan di tempat.

"Resepsi pernikahan yang awalnya diperbolehkan di gedung kini sudah boleh di rumah, dengan aturan yang sama tidak menyediakan makan di tempat, hanya nasi kotak, lalu maksimal sesi hanya 50 orang dan untuk kegiatan musik diperbolehkan hanya saja tidak menyediakan penyanyi dari luar melainkan penyanyi profesional yang mana tugasnya memang bernyanyi," tutur Maulana.

Perluasan relaksasi ini berlaku mulai dua hari ke depan hingga dua minggu yang akan datang. Perluasan relaksasi dilakukan berdasarkan Instruksi Wali Kota Jambi Nomor 15.

Berdasarkan data Pemkot Jambi, kasus positif COVID-19 di Kota Jambi berjumlah 272 kasus. 142 orang dinyatakan sembuh dan 5 orang meninggal.

(haf/haf)