Round-Up

Roller Coaster Karir Yuri Selama Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 17:46 WIB
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto (dok. BNPB)
Foto: Achmad Yurianto (dok. BNPB)
Jakarta -

Achmad Yurianto menjadi salah satu sosok yang menjadi sorotan selama pandemi virus Corona di Indonesia. Dalam hampir 8 bulan pandemi pun, karier Achmad Yurianto naik turun bak roller coaster.

Pria yang akrab disapa Yuri ini ditunjuk menjadi juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 sehari setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kasus pertama Corona di negara ini. Kala itu, Yuri masih menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan.

Sejak itu, Yuri mengalami perubahan posisi baik di Kemenkes maupun di Satgas COVID-19. Yang terbaru, dia digantikan dari posisinya sebagai Dirjen P2P Kemenkes.

Yuri sendiri bergabung dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 2015. Kariernya diawali sebagai dokter militer.

Berikut perjalanan karier Yuri selama pandemi Corona:

3 Maret 2020

Sehari setelah pengumuman kasus pertama pada 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Yuri sebagai juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19.

"Jadi seusai arahan Presiden dan sudah ditunjuk juri bicara ini semua, namanya dr Achmad Yurianto, beliau terbekali data semua ada," ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, sebagaimana diberitakan detikcom pada 3 Maret lalu.

Kala itu, Yuri mengemban jabatan selaku Sekretaris Ditjen P2P di Kemenkes. Jabatan itu telah dipegangnya sejak Maret 2019.

Selama menjalankan tugas sebagai juru bicara, Yuri rutin muncul di layar kaca setiap hari. Dia menyampaikan data harian berupa kasus baru, kematian, dan kesembuhan Corona. Yuri juga memaparkan berbagai pesan edukasi ke masyarakat terkait virus Corona.

9 Maret 2020

Karirnya lalu naik. Menkes Terawan melantik Yuri sebagai Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan. Yuri menggantikan Anung Sugihantono yang telah pensiun dari jabatannya.

Simak video 'Achmad Yurianto Tak Lagi Jubir COVID-19, Posisi Diganti Prof Wiku':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2