dr Reisa: Kasus Sembuh RI Hampir 80 Persen

Yulida Medistiara - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 17:30 WIB
dr Reisa Broto Asrmoro
Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Pemerintah melaporkan perkembangan terbaru terkait penanganan COVID-19 di Tanah Air, angka kesembuhan menjadi hampir 80 persen dari total kasus hingga saat ini. Pemerintah optimistis kasus positif Corona dapat disembuhkan.

"Makin banyak pasien positif COVID-19 yang sembuh, jumlahnya 305.100 atau mencapai hampir 80 persen dari seluruh total kasus sampai hari ini, yang berjumlah 381.910 kasus," kata jubir Satgas Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (23/10/2020).

Selain itu tren angka kasus aktif di RI menurun dibanding beberapa bulan terakhir. Per hari ini kasus aktif secara nasional 63.733 atau sekitar 16,6 persen dari seluruh total kasus.

Lebih lanjut dalam menangani COVID-19, pemerintah melakukan upaya penyembuhan dengan menjaga ketersediaan obat yang diproduksi industri farmasi, ketersediaan tenaga medis dan rumah sakit rujukan. Pemerintah optimis makin banyak kasus positif Corona yang bisa disembuhkan.

"Per 22 Oktober 2020 supply obat perawatan COVID-19 sudah didistribusikan ke 34 provinsi dan 760 rumah sakit rujukan ditambah dengan lebih dari 250 ribu tenaga kesehatan, maka kita makin optimistis lebih banyak lagi kasus positif bisa disembuhkan," ujarnya.

dr Reisa mengatakan ada dua hal yang bisa dilakukan masyarakat terkait penanganan COVID-19, pertama mendukung dan mendoakan tenaga medis agar semangat menyembuhkan pasien. Kedua memastikan kepatuhan protokol kesehatan ditaati.

"Pastikan tetap disiplin pencegahan dengan 3M, tentunya untuk mematikan kita terlindungi sekaligus tidak menambah jumlah pasien yang ditangani para tenaga medis," katanya.

"3M atau memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan serta mencuci tangan sesering mungkin berkontribusi kepada performa Indonesia dalam menangani COVID-19," papar dr Reisa.

(yld/tor)