Tes PCR di 4 Daerah Banten Belum Sesuai Standar WHO

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 16:59 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (Ilustrator: Edi Wahyono)
Serang -

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti menyatakan Kabupaten Serang, Lebak, Pandeglang, dan Kabupaten Tangerang belum memenuhi tes polymerase chain reaction (PCR) COVID-19 berdasarkan standar World Health Organization (WHO) dan Kementerian Kesehatan. Tes PCR daerah itu masih di bawah satu persen dari jumlah populasi.

"Angka target yang diharapkan itu masih ada empat kabupaten-kota sampai 17 Oktober belum sampai seratus persen," kata Ati dalam diskusi daring bersama wartawan di Serang, Banten, Jumat (23/10/2020).

Khusus untuk Kabupaten Tangerang, hanya tinggal lima persen dari jumlah satu persen total populasi yang tinggal dilakukan swab PCR. Kemungkinan, pekan ini daerah itu sudah mencapai target satu persen total populasi.

Ia menerangkan, swab test untuk satu persen jumlah populasi sebagaimana disyaratkan oleh WHO dan Kemenkes penting untuk memutus mata rantai virus. Standar itu, menurut Ati, juga dilakukan untuk tingkat provinsi dan sudah sesuai jumlah standar. Perlu ada percepatan bagi daerah yang belum sesuai standar.

Ati mengungkapkan masing-masing daerah telah berusaha untuk menurunkan jumlah penyebaran COVID-19. Saat ini, ujar dia, zona merah hanya tinggal di Tangerang Selatan.

"Delapan kabupaten kota sudah berusaha bagaimana mengembalikan minimal ke zona kuning dan kalau bisa zona hijau," kata Ati yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Banten.

(bri/bbn)