Sistem One Way ke Anyer Akan Diterapkan Pada Libur Panjang Akhir Oktober

M Iqbal - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 13:10 WIB
Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP Ali Rahman
Foto: Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP Ali Rahman (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Satlantas Polres Cilegon bakal memberlakukan sistem one way dari Jalan Lingkar Selatan (JLS) menuju kawasan wisata Anyer pada libur panjang akhir Oktober. Sistem satu arah itu bakal diberlakukan situasional.

"Anstisipasi untuk mengurai kepadatan kita berlakukan sistem one way, kita lihat situasi kondisi, kalau misalnya antrean masuk sudah sampai Chandra Asri kita laksanakan one way pendek, kalau masuk sampai JLS kita laksanakan one way panjang," kata Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP Ali Rahman kepada wartawan, Jumat (23/10/2020).

Polisi belum memprediksi kapan puncak keramaian di Anyer. Pihaknya masih mengumpulkan data okupansi hotel dan penginapan yang ada di Anyer. Jika data sudah terkumpul, polisi segera menyusun langkah antisipasi kemacetan.

"Prediksi kepadatan di Anyer masih kita pantau dan kita pantau okupansi hotel di Anyer sehingga kita bisa memperkirakan kepadatan ke jalur wisata," ujarnya.

Kendati demikian, Polres Cilegon sudah mempersiapkan jumlah personel yang akan diturunkan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas. Selain dari Polres, pasukan pengurai kemacetan dari Polda Banten akan diturunkan untuk membantu kelancaran arus lalu lintas.

"Kalau untuk long weekend nanti gabungan, bagiannya nanti ada Reskrim dan lain-lain. Kalau dari Polres Cilegon kita terjunkan 73 anggota lantas dan ditambah satgas Raicet 2 regu sekitar 24 orang," kata dia.

(bal/lir)