Yusuf Mansur Kenang Abdullah Syukri Zarkasyi: Suka Maju Bersama Santri

Puti Yasmin - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 11:33 WIB
Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo KH Abdullah Syukri Zarkasyi, meninggal
Foto: Istimewa/Yusuf Mansur Kenang Abdullah Syukri Zarkasyi: Suka Maju Bersama Santri
Jakarta -

Pimpinan Ponpes Gontor KH Abdullah Syukri Zarkasyi meninggal dunia pada Rabu (22/10) kemarin. Ia dikenal dekat dan selalu merangkul para santrinya untuk maju bersama.

Hal itu seperti yang diungkapkan Ustaz Yusuf Mansur dalam laman Instagramnya. Ia menilai almarhum KH Abdullah Syukri Zarkasyi nerupakan sosok yang suka melihat para santri atau muridnya sukses melebihi para kiainya.

"Kyai Sukri, sosok kyai yang malah suka kalau anak2 santrinya maju. Suka sekali. "Santri itu harus melebihi Kyainya" tuturnya saat mensupport anak2 didiknya, alumni2 Gontor, mengawali pendirian Daarul Qur'an, tahun 2007. Motivasi yang luar biasa," tulis dia dikutip detikcom, Kamis (22/10/2020).

Selain itu, ia turut mendoakan agar Allah SWT menerima amal Kiai Syukri. Ia berharap Almarhum mendapatkan tempat di surga bersama Rasulullah SAW dan para kiai yang lain.

"Semoga Kiai Syukri bersama Rasulullah di surga. Bersama kyai2. Dan kita bersama beliau2. Berikut seluruh orang2 tua, keluarga, dan turunan2an hingga akhir zaman," harap dia.

Sementara itu, Kiai Abdullah Syukri Zarkasyi merupakan putra dari Kiai Imam Zarkasyi, yang merupakan satu dari tiga (trimurti) pendiri Gontor. Sejumlah amanah di luar pondok pernah dijabat Kiai Syukri, seperti menjadi Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Ponorogo, dan Ketua Badan Silaturrahmi Pondok Pesantren Jawa Timur (1999-sekarang).

Abdullah Syukri Zarkasyi, ia juga pernah dipercaya menjadi Ketua Forum Silaturrahmi Umat Islam Ponorogo (1999-sekarang) hingga Ketua MP3A Depag (Majlis Pertimbangan Pendidikan dan Pengajaran Agama (1999-sekarang) dan Dewan Penasihat MUI Pusat.

(pay/erd)